Rabu, Oktober 2


Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan tiket sekolah Pendidikan Inspektur Polisi tahun 2025 kepada personel Polres Lampung Barat, Bripka Rico Hady Saputra. Rico merupakan personel yang menangkap penjahat bersenjata api saat menjemput anak sekolah.

Jenderal Sigit mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan Bripka Rico. Lebih lagi, saat itu dia sedang lepas dinas.

Hadiah itu diberikan melalui Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo. Dedi turut menyampaikan ucapan terimakasih Jenderal Sigit atas dedikasi yang diberikan Rico.


“Bapak Kapolri mengucapkan terima kasih atas keberanian dan dedikasi Bripka Rico menjaga kamtibmas. Selain itu beliau memberikan penghargaan berupa Pendidikan Inspektur Polisi tahun 2025,” kata Dedi dalam keterangannya, Selasa (1/10/2024).

Personel Polres Lampung Barat, Bripka Rico Hady Saputra diganjar hadiah usai berhasil menangkap maling bersenpi saat sedang lepas dinas (Dok. Istimewa)

Dedi berharap apa yang dilakukan Rico dapat menjadi teladan bagi seluruh personel Korps Bhayangkara. Sebab, kata dia, Polisi harus siap sedia melindungi masyarakat.

“Semoga ini juga dapat menjadi inspirasi kepada anggota Polri lainnya. Bukti Bripka Rico menjiwai profesinya sebagai petugas Kepolisian. Dimanapun dan kapan pun, seorang Polisi selalu siap sedia melindungi, melayani, mengayomi Masyarakat,” ujar Dedi.

“Pak Kapolri sangat apresiatif terhadap pengorbanan Bripka Rico dan untuk itu Kapolri memberikan penghargaan sekolah SIP tahun 2025,” imbuhnya.

Sebagai informasi, aksi curanmor itu terjadi di Jalan Baru Panggungan, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung pada Kamis (26/9/2024). Saat itu Rico baru saja menjemput anaknya pulang dari sekolah bersama dengan istri dan anaknya yang masih bayi.

Di perjalanan ia mendapati korban yang baru saja menjadi sasaran dua pelaku curanmor. Tanpa pikir panjang dia langsung memutar kendaraannya untuk mengejar pelaku. Riko menuturkan pelaku bahkan sempat melepaskan tembakan.

“Pelaku sempat membuang tembakan sebanyak satu kali. Di tengah perjalanan pelaku membuang senjata apinya ke semak-semak,” tutur Rico.

Pelaku pertama berhasil diamankan setelah terjatuh dari kendaraan yang dicuri oleh pelaku. Tak berhenti di situ, Rico masih mengejar satu pelaku lagi dibantu personel Polsek Gunung Sugih. Pelaku ditangkap saat bersembunyi di semak-semak.

Lihat juga Video ‘Motif Rampok Bersenpi Sekap ART-Anak Majikan di Palembang, Gegara Sakit Hati’:

[Gambas:Video 20detik]

(ond/taa)

Membagikan
Exit mobile version