Sabtu, September 21

Jakarta

Android 15 adalah versi Android ke-22 yang kini sedang dinantikan para pengguna HP Android. Jadi, kapan Android 15 rilis resmi?

Siklus pengembangan dan rilis Android biasanya terdiri dari tiga fase dan itu juga berlaku untuk Android 15. Fase pertama selalu merupakan developer preview, diikuti oleh fase pengujian Beta yang lebih publik, dan kemudian versi final yang stabil keluar untuk semua pengguna.

Dengan developer preview yang keluar awal tahun ini, pengembang aplikasi dapat melihat perubahan yang akan datang sehingga dapat membiasakan diri dengan software baru itu. Ini memungkinkan mereka merencanakan terlebih dahulu untuk menambahkan fitur baru ke aplikasi mereka jika diinginkan.


Pada 11 April 2024, seperti dikutip detikINET dari Digital Trends, keluar versi beta publik pertama Android 15. Ini memungkinkan siapa saja yang ingin mencobanya sebelum rilis untuk menguji fitur-fitur baru.

Penguji beta dapat melaporkan masalah dan bug ke Google, yang membantu membentuk rilis final perangkat lunak. Versi beta publik jauh lebih stabil dan lebih sedikit bug daripada versi pratinjau pengembang, tapi tetap belum sempurna.

Pada 20 Agustus, Google merilis Android 15 Beta 4.1 untuk perangkat yang memenuhi syarat, bagi mereka yang terdaftar dalam program pengujian beta Google. Ini tersedia untuk umum, jadi tidak memerlukan undangan atau akun khusus. Setelah terdaftar dalam program, cukup unduh Android 15 beta.

Mengenai perkiraan rilis publik umum untuk Android 15, seharusnya menjelang akhir kuartal ketiga tahun 2024. Berdasarkan catatan sebelumnya, Android 14 dirilis pada Oktober 2023, dan Android 13 diluncurkan pada Agustus 2022.

Kode sumber atau source code Android 15 sendiri dirilis 3 September 2024. Pada 3 September 2024 itu, Google mengonfirmasi bahwa Android 15 akan dirilis untuk Ponsel Pixel dalam beberapa minggu mendatang. Jadi Android 15 akan rilis resmi tidak lama lagi.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version