Senin, Mei 13


Jakarta

Jembatan Francis Scott Key, Baltimore, Amerika Serikat (AS) hancur lebur ditabrak kapal kargo. Kapal Dali yang menabrak jembatan itu dikabarkan sempat kehilangan daya.

Insiden kapal kargo menabrak jembatan Francis Scott Key itu terjadi pada Selasa (26/3/2024) dini hari waktu setempat. Saat itu Kapal Dali akan melintasi jembatan tersebut. Namun, nahas kapal malah menyangkut di bagian jembatan dan membuat jembatan itu roboh ke sungai.

Ledakan disusul api terlihat terpancar dari kapal Dali setelah menabrak. Bahkan, menurut pensiunan kepala pemadam kebakaran Baltimore, Donald Heinbuch, muncul juga suara gemuruh yang mengguncang rumahnya selama beberapa detik.


“Rasanya seperti gempa bumi. Atau seperti guntur yang menggelegar,” dikutip dari AP News, Rabu (27/3/2024).

Dikabarkan pula oleh Gubernur Maryland, Wes Moore, bahwa kapal kargo itu sebelumnya kehilangan daya sesaat sebelum menabrak. Moore mengatakan bahwa panggilan darurat dari kapal tersebut memungkinkan para pejabat untuk membatasi lalu lintas di jembatan sebelum kecelakaan terjadi.

Ia menyebut penyelidikan awal menunjukkan bahwa kecelakaan tersebut adalah murni kecelakaan dan tidak ada bukti soal serangan teroris.

Sementara itu, pada Juni 2024, dikabarkan para inspektur menemukan masalah pada mesin kapal. Namun, pemeriksaan terakhir di September permasalahan sudah tidak ditemukan.

Dali yang dimiliki Grace Ocean PTE telah diinspeksi setidaknya 27 kali di pelabuhan-pelabuhan di seluruh dunia sejak dibuat pada 2015.

Menurut Equasis, Inspeksi di sebuah pelabuhan di Chili pada Juni lalu mengidentifikasi adanya masalah pada mesin penggerak dan mesin bantu kapal. Adapun inspeksi terakhir yang tercatat untuk Dali dilakukan oleh Penjaga Pantai AS di New York pada 13 September 2023. Menurut Equasis, pemeriksaan standar kala itu tidak mengidentifikasi adanya kekurangan.

Atas kejadian ini, Presiden Joe Biden mengatakan ia berencana untuk melakukan perjalanan ke Baltimore secepat mungkin. Ia berencana kejadian ini dapat ditanggung oleh pemerintah federal.

“Kita akan membangun kembali pelabuhan itu bersama-sama,” kata Biden dalam sambutan singkat dari Gedung Putih, Selasa (26/3).

Simak Video “Investigasi Ambruknya Jembatan Baltimore Bisa Makan Waktu 1-2 Tahun
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version