Minggu, Oktober 20


Jakarta

Kapal pesiar kerap kali dianggap sebagai pusat hiburan dan perjalanan mewah. Di balik itu, ternyata ada kapal pesiar yang dianggap sangat kotor.

Kendati kebersihan di kapal pesiar umumnya menjadi perhatian utama. Tetapi menurut laporan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) terdapat kapal pesiar yang penuh dengan kotoran seperti lumpur keran bir hingga belatung.

Melansir New York Post, Minggu (20/10/2024), hal tersebut diketahui setelah Program Sanitasi Kapal dari CDC memberi penilaian kebersihan kapal pesiar untuk mencegah penyakit gastroinstestinal.


Mereka menerbitkan penilaian dengan skor skala 100. Dan beberapa kapal pesiar mendapat nilai di bawah 85 yang menandakan tidak memuaskan. Bahkan yang paling ekstrim, ada kapal pesiar Hanseatic Inspiration milik Hapag-Lloyd yang dianggap paling kotor dan mendapatkan nilai 62.

CDC menemukan pelanggaran kode kesehatan seperti keran bir yang dipenuhi kotoran, serangga hidup dan mati yang banyak di bar kolam renang, hingga seekor burung yang membusuk dan dipenuhi belatung

Belum cukup parah, untuk makanan yang membutuhkan pendingin ternyata tak tersimpan di suhu yang rendah.

Menanggapi laporan tersebut, juru bicara Hapag-Lloyd Cruises mengatakan bahwa perusahaan kapal pesiar tersebut telah secara konsisten memenuhi persyaratan kebersihan yang ketat selama bertahun-tahun. Mereka pun akan menginvestigasi berbagai pelanggaran keselamatan kesehatan di atas kapal.

“Kami sangat menyesal bahwa Hanseatic Inspiration tidak mencapai skor yang disyaratkan untuk pertama kalinya. Hasil inspeksi ini sama sekali tidak mencerminkan standar tinggi kami,” ujar manajer komunikasi senior perusahaan kapal pesiar Hanseatic Inspiration Karen Schmidt kepada USA Today.

“Kami akan menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan proses kami di semua bidang dan memastikan bahwa semua kapal kami memberikan pengalaman berkualitas seperti yang diharapkan oleh para tamu,” kata Schmidt.

Sementara itu, Princess Cruises’ Caribbean Princess, Carnival’s Carnival Breeze dan Ritz-Carlton Yacht Collection’s Evrima semuanya mendapat nilai 86. Menurut Daily Mail, hal itu karena lalat dan serangga ditemukan di dapur-dapur di kapal Caribbean Princess, sementara kapal pesiar Carnival Breeze tidak cukup mencegah hama bersarang di kapal dan membiarkan baki-baki makanan di luar di tengah hujan yang dingin. Selain itu, kamar mandi kru di Carnival Breeze dipenuhi sampah.

Yang tak kalah menjijikan, di atas kapal Envirma, lalat buah dilaporkan berkerumun di mesin pembuat jus. Selain itu, tidak ada pelindung tikus dan filter pada pusaran air tidak pernah diganti selama dua tahun.

Namun, ada beberapa kapal pesiar yang mendapatkan skor sempurna 100, seperti Carnival Cruise Line’s Carnival Spirit, Celebrity Cruises’s Celebrity Ascent, Disney Cruise Line’s Disney Fantasy, dan Royal Caribbean International’s Brilliance of the Seas, di antaranya.

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version