Minggu, Juni 30


Jakarta

Maverick Vinales belum pernah juara dunia di kelas MotoGP tapi Vinales sudah mengalahkan rekor yang tidak bisa dilampaui oleh pebalap hebat seperti Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Saat ini Desmosedici GP merupakan motor superior. Namun musim depan, Top Gun akan membela KTM. Meski begitu, Top Gun bisa menjauh dari rekor yang dulu gagal diraih Rossi dan Lorenzo. Dia berpotensi punya catatan rekor baru saat berseragam KTM, menang dengan empat pabrikan berbeda.

CEO Aprilia Massimo Rivola percaya alasan Vinales keluar dari pabrikan Noale. Salah satunya meraih rekor yang belum dilampaui oleh rider MotoGP sebelumnya.


“Tantangan untuk menang dengan empat motor berbeda menjadi sesuatu unik yang bisa ia raih,” kata Rivola dikutip dari Motosan.es, Rabu (26/6/2024).

Vinales pernah menang satu kali bersama Suzuki, dan delapan kali bersama Yamaha. Dia meraih kemenangan grand prix pertamanya sejak bergabung dengan Aprilia pada pertengahan 2021, rekor ini diraih Vinales saat berlaga di MotoGP Amerika Serikat 2024.

Top Gun akhirnya masuk dalam pebalap yang menang balapan dengan tiga merek berbeda. Rekor ini sebelumnya hanya empat pembalap yang sebelumnya memenangkan balapan kelas premier (500cc/MotoGP) dengan tiga merek sepeda berbeda sejak kejuaraan dunia itu dimulai pada tahun 1949.

Alex Rins dan Jack Miller yang musim ini juga punya peluang menjadi juara seri dengan tiga motor berbeda. Sebelumnya Rins, rider Yamaha, sudah naik podium pertama dengan Suzuki dan Honda. Sedangkan Miller, yang kini membela KTM, pernah menang balapan MotoGP dengan motor Honda dan Ducati.

Sebelum masuk ke era modern, pebalap yang pernah menang tiga kali dengan merek berbeda di antaranya Mike Hailwood (Norton, MV Agusta, Honda), Randy Mamola (Suzuki, Honda, Yamaha), Eddie Lawson (Yamaha,Honda, Cagiva), dan Loris Capirossi (Yamaha, Honda, Ducati).

Rossi tercatat meraih 79 kemenangan saat berseragam Honda dan Yamaha, namun The Doctor tidak pernah naik podium teratas semasa di Ducati. Sementara Jorge Lorenzo 44 kali menang di Yamaha dan tiga kali bersama Ducati, tapi X-Fuera tidak bisa kemenangan itu ketika membela Honda.

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version