Selasa, Oktober 8


Jakarta

Keajaiban alam memang tak ada habisnya mengejutkan kita semua, pun para ilmuwan. Mereka kaget dengan perilaku kadal yang satu ini.

Mengutip CNN, Senin (7/10/2024), seekor kadal di hutan hujan yang kecil melompat ke dalam air dan tidak muncul ketika ditunggu-tunggu. Lalu, para ilmuwan sekarang tahu mengapa demikian perilakunya.

Komodo dengan gigi berujung besi, ular piton sepanjang tiga belas kaki hingga buaya yang sedang menyerang. Dari lima kelas utama hewan bertulang belakang, reptilia sering kali menimbulkan rasa takut yang paling besar.


Namun, reptil layak mendapatkan perhatian lebih dari kita, seperti halnya mamalia. Mungkin mereka terlihat lebih karismatik.

Karena, satu dari lima spesies reptil terancam punah. Reptil sangat beragam, dengan adaptasi yang luar biasa seperti kadal kecil di Kosta Rika yang telah berevolusi hingga bisa “menyelam”, menurut penelitian baru.

Kadal penyelam dari Kosta Rika (CNN)

Anole (reptil) penyelam hidup di hutan hujan Kosta Rika, di mana ia dapat membentuk gelembung udara kecil di atas kepalanya sebagai sumber oksigen saat berendam. Kemampuan ini memungkinkan kadal ini bertahan di bawah air untuk waktu yang lama.

Perilaku yang tidak biasa dan terspesialisasi, yang difilmkan oleh para peneliti sebagai bagian dari sebuah studi baru, dapat membantu anole bersembunyi dari predator di darat.

“Menggunakan gelembung udara membantu anole untuk tetap berada di bawah air lebih lama, dan teknik ini dapat membantu kadal kecil ini bersembunyi dari predator,” kata para peneliti.

Anole wee sebagian besar mengandalkan kamuflase untuk bersembunyi dari pemangsa seperti burung, ular, mamalia, dan kadal lainnya. Dan ketika kamuflase gagal, menunggu ancaman di bawah air adalah strategi bertahan hidup yang efektif.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version