Selasa, September 17


Jakarta

Pergi berpiknik bersama teman-teman berubah menjadi mencekam untuk sekelompok pemuda ini. Kompor gas portable yang mereka gunakan tetiba meledak.

Pergi liburan bersama teman-teman seharusnya menjadi momen yang menyenangkan. Mendatangi tempat yang indah dan melakukan aktivitas yang menyenangkan di sana seharusnya terasa spesial.

Tetapi tetap diperlukan kewaspadaan di mana pun berada. Apalagi ketika hendak memasak dengan peralatan yang jarang digunakan.


Jangan sampai mengalami kejadian mencekam seperti sekelompok pemuda ini. Gegara sebuah kompor gas portable yang dibawanya, kecelakaan mengejutkan tetiba terjadi.

Baca juga: Begini Pengalaman Jadi Private Chef Keluarga Nikita Willy

Kejadian mendebarkan dialami sekelompok pemuda yang tengah asyik berpiknik. Foto: WeirdKaya

Sebuah video yang diunggah pada TikTok @manusiatantrum_29 membagikan momen pikniknya yang kacau. Saking ramainya video ini disoroti sampai-sampai media asing dari Malaysia yaitu Weird Kaya (9/9) ikut menyorotinya.

Empat orang pemuda dalam video tampak sedang berkemah dan awalnya semua berjalan baik. Ketika waktu makan tiba mereka merebus air guna memasak mie instan cup yang telah dibawanya.

Salah satu yang bertugas menuangkan air panas ke dalam gelas-gelas mie melakukannya dengan tenang. Tetapi tetiba ledakan terjadi yang berasal dari bagian tabung gas pada kompor portable yang dibawanya.

Di dalam video terlihat juga tabung gas itu meledak saat mencoba dibuka oleh salah seorang pria lainnya. Hasilnya mie yang hendak dimasak porak poranda, orang-orang di dalam video terlempar, hingga kompor portable yang remuk dan tak lagi berbentuk.

Baca juga: 5 Eksperimen Masak ala Mursid yang Berawal dari Ikut Tren

Kompor portable yang digunakan untuk memasak tetiba meledak. Foto: WeirdKaya

Mengutip Hi Cook, selaku produsen kompor portable yang digunakan dalam video, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam menggunakan kompor gas portable. Pertama-tama sebelum dinyalakan pastikan knob pada bagian penyimpanan tabung gas sudah terkunci atau dalam posisi ‘lock’.

Pastikan pemantik api juga dalam kondisi off jika ingin melepas atau memasang tabung gas portablenya. Ketika hendak melepaskan tabung gas pastikan semua sumber api sudah mati begitu pula knop pengunci gas yang sudah dibuka ke atas.

Jangan memaksa untuk melepaskan tabung gas terlalu keras. Sebaiknya lepaskan tabung gas setelah dibiarkan beberapa saat usai masa dan jangan langsung dilepas ketika masih panas.

Atas insiden meledaknya gas pada kompor portable, banyak netizen yang merasa khawatir karena merasa memiliki kompor serupa. Salah satu netizen yang lihai menggunakan jenis kompor tersebut ikut memberikan saran.

“Kesalahannya tungku kompor si abang belum dibalik, kompor portable kotak kalau tungkunya nggak dibalik gasnya akan menjepit karena dipaksa dibuka dan mengakibatkan gas mengumpul,” tulis salah satu netizen.

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version