Rabu, September 25


Jakarta

Aliansi Margasatwa Kebun Binatang San Diego mengumumkan berhasil melakukan operasi caesar ke landak Amerika Utara. Itu menjadi yang pertama kalinya.

Melansir UPI, Selasa (24/9/2024), aliansi margasatwa itu mengatakan operasi caesar itu dilakukan kepada seekor landak betina bernama Maizey. Landak itu mengalami komplikasi selama persalinan sehingga mengharuskan prosedur operasi caesar.

Operasi caesar tersebut dilakukan untuk melindungi nyawa landak Amerika Utara dan bayinya tersebut.


“Prosedur penting ini menyoroti peran penting yang dimainkan oleh tim dokter hewan kami dalam konservasi spesies, tidak hanya dalam keadaan darurat, tetapi juga sebagai bagian dari warisan kepemimpinan dalam perawatan satwa liar,” kata Wakil Presiden perawatan satwa liar di San Diego Zoo Wildlife Alliance, Greg Vicino, salam siaran persnya.

“Keberhasilan operasi caesar Maizey merupakan contoh lain dari komitmen teguh para dokter hewan kami dalam menjaga kesehatan dan umur panjang satwa liar,” dia menambahkan.

Menurut DVM360, saat proses persalinan landak Maizey berjalan mondar-mandir, meregangkan tubuh, dan berguling miring. Namun, anaknya yang dikandung terlalu besar untuk melewati jalur lahir normal, sehingga tim perawatan memutuskan operasi caesar yang belum pernah terjadi.

Tim terdiri dari 15 profesional, mereka membius Maizey dan bayinya dengan aman, serta menangani organ dalamnya dengan tepat untuk mencegah peradangan. Adapun landak memiliki kulit yang sangat tipis, sensitif, dan kaku, sehingga hal itu menjadi tantangan bagi tim dokter hewan yang membuat jahitan.

Landak pun lahir dengan bulu-bulu halus yang mengeras segera setelah lahir. Karena landak Maizey melahirkan selama 72 jam, duri landaknya pun sempat mengeras dan tertanam di dalam. Lantas tim dokter hewan mencabut duri yang tertanam dan memeriksa perutnya untuk mencari duri yang tertinggal.

Kemudian, setelah 3 jam dioperasi, bayi Maizey lahir dan berjenis kelamin jantan. Landak itu sedang dibesarkan oleh penjaga kebun binatang namun belum diberikan nama. Landak sementara dirawat terpisah dari sang ibu agar ia cepat pulih dari operasi.

“Bagi landak Amerika Utara, prosedur ini merupakan langkah maju yang signifikan untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup jangka panjang dan berkontribusi pada upaya konservasi yang lebih luas yang bertujuan untuk mengamankan masa depannya di alam liar,” ujar direktur perawatan satwa di Kebun Binatang Elmwood Park, Michele Goodman.

(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version