Kamis, Mei 16


Jakarta

Kabar baik bagi para ASN, bisa tunda kembali ke Jakarta karena diizinkan bekerja jarak jauh setelah cuti bersama.

Aparatur sipil negara (ASN) diimbau menunda kembali ke Jakarta demi mengantisipasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2024. ASN yang mudik Lebaran diperbolehkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 16 dan 17 April 2024.

“Silakan ASN bisa menunda, tidak usah ikut sama non-ASN, jadi bisa berangkat pada hari Rabu dan Kamis,” kata Muhadjir di Tol Kalikangkung, Sabtu (13/4/2024), dikutip dari detikNews.


Muhadjir mengatakan peraturan itu berlaku bagi ASN yang tidak memiliki anak sekolah. “Kalau ada ASN yang punya anak sekolah, ya ngikuti anaknya yang sekolah,” ujarnya.

“Yang pasti harus Kamis-Jumat masuk, jadi tidak boleh bolos. Jadi hanya diberi kesempatan work from home dua hari. Selasa-Rabu,” imbuh Muhadjir.

Dilansir detikNews, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan itu diambil untuk memberi kesempatan pemudik kembali ke Jakarta dengan tenang.

“Baru saja menerima WA dari Pak MenPAN-RB bahwa WFH dua hari disetujui. Oleh karenanya, pemudik bisa balik dengan tenang, masih ada waktu, nanti lihat waktu-waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan balik,” kata Budi di lokasi yang sama, kemarin.

Budi mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri dan Jasa Marga dalam melakukan analisis volume, capacity, ratio (VCR). Dia mengatakan angka VCR saat arus balik libur Lebaran berada di atas normal.

“Alasan pelaksanaan WFH dua hari ini memang dalam perhitungan yang dilakukan Kakorlantas dan Jasa Marga, VCR-nya lebih dari 1 atau ada yang 0,96, padahal VCR harus 0,7,” imbuhnya.

Puncak arus balik libur Lebaran diprediksi akan terjadi pada Minggu (14/4). Menhub berharap kebijakan WFH itu bisa membuat pemudik punya waktu lebih banyak kembali ke Jakarta hingga kemacetan panjang bisa tidak terjadi.

“Jadi kita tidak mau ada risiko terjadinya kemacetan. Tapi di sisi lain, kalaupun nanti lancar, jaga kecepatan dalam kecepatan yang aman,” pungkas Budi.

Detikers bisa terus mengikuti informasi terbaru mengenai arus mudik dan arus balik selama Lebaran 2024 di sini.

________________

Artikel ini telah tayang di detikjateng

Simak Video “One Way Dibuka, Arus Lalin di Simpang Gadog Arah Puncak Padat
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version