Jumat, Oktober 25


Jakarta

Pebalap asal Bantul, Yogyakarta, Aldi Satya Mahendra sukses menjadi juara dunia di ajang World Supersport 300 (WorldSSP300) 2024. Tahun depan, Aldi akan naik kelas ke World Supersport (WorldSSP) menunggangi motor gede (moge).

Aldi adalah pembalap Indonesia pertama yang menjadi juara dunia. Titel juara dunia ini juga disandangnya sebagai rookie di musim penuh perdananya di ajang World Supersport 300. Aldi Satya Mahendra juga menjadi pembalap Asia pertama yang menjuarai World Supersport 300. Sejarah baru bagi Indonesia yang akhirnya memiliki pembalap juara dunia yang turut memperlihatkan prestasi istimewa anak bangsa negeri ini yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Tahun depan, Aldi akan bersaing di kelas World Supersport (WSSP). Aldi akan menunggangi motor yang lebih besar, yaitu Yamaha YZF-R9.


“Saya sangat berterima kasih kepada Yamaha Indonesia, tim BrCorse, keluarga, para sponsor, fans dan semua pihak yang selalu memberikan dukungan. Gelar juara dunia World Supersport 300 di 2024 ini menggunakan motor Yamaha YZF-R3 sangat berarti bagi saya. Perjuangan belum berhenti, karena akan terus berlanjut di kompetisi berikutnya di tahun 2025 yaitu World Supersport (WorldSSP) bersama Yamaha YZF-R9. Saya akan berupaya semaksimal mungkin, memakai pengalaman berharga yang telah saya jalani serta bertekad untuk kembali mencapai prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” kata Aldi Satya Mahendra.

Yamaha YZF-R9 adalah motor sport bermesin CP3 DOHC 890cc berpendingin cairan. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan dengan assist & slipper clutch.

Yamaha YZF-R9 2025 Foto: Dok. Yamaha

Motor itu hadir dengan rangka Deltabox yang merupakan rangka aluminium paling ringan yang pernah ditawarkan pada Yamaha Supersport. Fitur-fiturnya lengkap, ada Inertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu canggih, termasuk Traction Control System (TCS) sembilan mode, Slide Control System (SCS), Lift Control System (LIF) tiga mode dan Brake Control System (BC).

“Kami akan tetap mengawal Aldi Satya Mahendra, dengan memberikannya tantangan lebih besar lagi untuk berkompetisi di World Supersport Championship 2025 menggunakan Yamaha YZF-R9. Kesempatan emas ini akan memberikannya pengalaman lebih banyak lagi di tingkat dunia. Kami harapkan sejarah yang ditorehkan Aldi Satya Mahendra ini akan terus berlanjut di musim-musim balapan selanjutnya,” kata Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Yamaha Indonesia pun tentunya selalu berkomitmen mengasah kemampuan para pembalap dan tim, agar makin percaya diri bersaing di berbagai kejuaraan, sekaligus mencetak gelar juara. Kami harapkan juga gelar juara dunia Aldi Satya Mahendra dapat menginspirasi generasi muda di Indonesia agar optimis dan terpacu mencapai prestasi di berbagai bidang yang ditekuni, semangat ini yang akan membawa mereka mewujudkan impian ke depannya,” sambungnya.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version