Rabu, Oktober 9


Jakarta

Dalam menjalankan usaha kuliner, sudah sepatutnya pemilik dan pegawai memperhatikan aspek higienitas. Jangan sampai melakukan praktik-praktik jorok yang bakal merugikan kesehatan pelanggan.

Ketika mencuci alat masak dan alat dapur, misalnya, patutnya di bak cuci yang layak, menggunakan air mengalir, dan sabun pencuci yang bisa menyingkirkan kotoran. Jangan sampai menganggap remeh praktik mencuci ini.


Seperti yang dilakukan seorang pegawai restoran di Malaysia. Mengutip World of Buzz (7/10/2024), viral video 2 detik yang memperlihatkan pria sedang mencuci panci besar yang diduga berada di belakang sebuah restoran di kawasan Lipis.

Kondisi tempat cuci alat masak itu tak layak karena berada di pinggir jalan. Terdapat pula tumpukan alat-alat masak lain di sekitarnya. Yang lebih mengherankan, pria itu mencuci pakai sapu!

Video viral memperlihatkan pegawai restoran cuci panci pakai sapu. Foto: World of Buzz

Sapu yang biasanya dijadikan alat bersih-bersih lantai digunakan untuk menggosok panci! Pria itu seolah sudah terbiasa melakukan praktik tidak higienis tersebut.

Video ini diunggah di Facebook Lipis Children’s Community sekitar pukul 5 sore. Banyak netizen memberikan reaksi negatif akan hal ini, seperti mengatakan ini menjijikkan.

Banyak juga yang menyarankan agar pihak berwajib segera menginvestigasi untuk memastikan keamanan dan kesehatan pelanggan restoran di area Lipis. Mereka mengatakan hal ini bukan sesuatu yang main-main.

Kabarnya The Lipis District Council (MDL) sudah melakukan investigasi, tapi belum ada penjelasan resmi dari mereka atas insiden ini. Tak diketahui pula apakah rekaman video ini baru atau sudah lama.

Pihak berwajib kabarnya sudah melakukan investigasi akan hal ini. Foto: World of Buzz

Sebelumnya, aksi jorok pegawai restoran juga viral terekam kamera. Kejadiannya di gerai Domino’s Pizza Jepang. Salah satu pegawai ketangkap kamera sedang mengupil saat bertugas menguleni adonan pizza di dapur.

Terlihat tangannya yang dilapisi sarung tangan mengarah ke hidung. Ia seperti ngupil, lalu yang lebih parah lagi, memeper bekasnya ke adonan pizza. Pria itu pun tampak tertawa seolah menganggap yang dilakukannya candaan semata.

Gegara hal ini, gerai Domino’s Pizza Jepang yang dimaksud menutup gerai tersebut. Operasional restoran pun sempat ditangguhkan untuk melakukan sanitasi menyeluruh.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version