Minggu, Oktober 6


Jakarta

Nama calon pimpinan (capim) dan calon Dewan Pengawas (cadewas) KPK telah diserahkan Panitia Seleksi (Pansel) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu. Jokowi saat ini masih menunggu proses administrasi di Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) sebelum menyerahkan nama capim dan cadewas KPK itu ke DPR.

“Menunggu selesainya administrasi dari Setneg. Kalau sudah selesai, nanti dibawa ke saya, tanda tangani,” kata Jokowi di IKN, Kamis (6/10/2024).

Wakil Ketua Pansel Arif Satria sebelumnya menyampaikan tim Pansel telah memutuskan mengirimkan 10 nama capim dan 10 nama cadewas KPK kepada Jokowi. Pansel juga menerima informasi bahwa nama-nama itu akan disampaikan Jokowi ke DPR.


“Sehingga kami memutuskan mengirim 10 nama capim dan 10 nama cadewas kepada Presiden. Dan alhamdulillah Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR,” kata Arif kepada wartawan di Kemensetneg, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Arif mengatakan 20 nama tersebut diumumkan kepada publik melalui website. Nantinya yang terpilih akan ada lima nama capim KPK dan lima nama cadewas KPK.

“Insyaallah dalam waktu singkat ini dari tim Sekretariat telah menyiapkan untuk menyampaikan nama dalam website sebagaimana biasanya,” ujarnya.

“Pengumumannya dalam waktu dekat, secepat-cepatnya, tapi prinsipnya Presiden akan meluruskan, kami menyerahkan, dan Presiden akan meneruskan nama-nama itu ke DPR, jadi tanpa dikurangi, semuanya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Arif menyebut, Jokowi mengapresiasi seluruh kerja Pansel. Dia menegaskan aspek reputasi menjadi prioritas sebagai pertimbangan Pansel.

“Jadi tadi sudah disampaikan dan Presiden mengapresiasi kerja Pansel dan beliau menyampaikan terima kasih atas kerja yang sudah dilakukan oleh Pansel dan ini pekerjaan yang memerlukan waktu sehingga disampaikan pada 1 Oktober ini,” katanya.

Simak juga Video ‘Daftar Nama Capim dan Cadewas KPK yang Sudah Diserahkan ke Jokowi’:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/gbr)

Membagikan
Exit mobile version