Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kendaraan bernama Maung pada HUT ke-79 TNI. Kendaraan itu digunakan Jokowi saat memgecek kesiapan petugas upacara yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat hari ini.

Mobil yang digunakan Jokowi merupakan kendaraan operasional satuan pertahanan Indonesia. Jokowi meresmikan julukan mobil “Maung” dan menjajal kendaraan tersebut pada awal 2023.

Mengutip dari laman Sekretariat Presiden RI, Sabtu (5/10/2024), Maung merupakan kendaraan operasional satuan untuk medan offroad yang dirancang oleh industri dalam negeri, PT Pindad (Persero).


Kendaraan bermesin diesel 4 silinder turbocharged tersebut diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Kemudian berdasarkan keterangan resmi Kementerian Pertahanan, Maung mampu menempuh pada medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Mobil itu juga dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Sebagai informasi, upacara HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat hari ini. Jokowi mengecek kesiapan petugas upacara menggunakan kendaraan Maung Pindad.Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Agus Subiyanto.

Tahun ini, puncak perayaan dipusatkan di Monas, Jakarta, dengan serangkaian acara, dari parade militer, defile alutsista, terjun payung, hingga fly pass.

Sebanyak lebih dari 100 ribu personel TNI dan alutsista dari tiga matra (AD, AL, AU) akan berpartisipasi menampilkan kemampuan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

Simak Video: Momen Jokowi Naik Maung Pindad, Cek Pasukan HUT Ke-79 TNI

[Gambas:Video 20detik]

(ada/fdl)

Membagikan
Exit mobile version