Sabtu, September 14


Jakarta

Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir kurang dari dua bulan lagi, pada 20 Oktober 2024. Selanjutnya tongkat kepemimpinan beralih ke Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi pun berpesan kepada Prabowo soal pentingnya keberlanjutan program-program yang sudah jalan saat ini. Mulai dari hilirisasi hingga megaproyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Keberlanjutan itu sangat penting, baik itu keberlanjutan program kerakyatan, baik itu keberlanjutan pembangunan infrastruktur dan SDM, baik itu keberlanjutan hilirisasi industri, IKN, dan ekonomi hijau,” kata Jokowi dalam acara Apel Kader Partai Gerindra yang juga disiarkan secara online, Sabtu (31/8/2024).


Sebab menurut Jokowi hanya dengan keberlanjutan program antar pemerintahan ini, masyarakat serta pemerintah selanjutnya tidak kehabisan waktu dan tenaga untuk memulai sebuah program baru dari nol.

“Karena dengan begitu bangsa ini tidak habis waktu, tidak habis sumber daya, tidak habis energinya hanya untuk berganti arah, hanya untuk berganti program setiap kepemimpinan, hanya untuk berganti haluan setiap ganti kepemimpinan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, sejak terpilihnya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden, pemerintahan Jokowi bersama dengan pihak pemenang Pilpres 2024 sudah membentuk tim transisi agar perpindahan pemerintahan ini dapat berjalan dengan baik.

Bahkan beberapa program unggulan Prabowo-Gibran sudah mulai diuji coba atau disiapkan anggarannya dalam APBN 2025 nanti. Semisal program makan bergizi gratis yang saat ini sudah dilakukan uji coba di beberapa daerah, serta sudah disiapkan anggarannya dalam APBN 2025 sebesar Rp 71 triliun.

Dengan begitu, pemerintahan Prabowo-Gibran kelak tidak perlu lagi memulai semua program unggulannya dari nol karena sudah dipersiapkan dari sekarang. Keberlanjutan program miliknya seperti hilirisasi hingga IKN dan program unggulan Prabowo inilah yang membuat Jokowi percaya pemerintahan kedepan mampu membawa RI menjadi lebih baik demi cita-cita Indonesia Emas 2045.

“Rasa percaya saya bahwa ke depan dengan kepemimpinan bapak Prabowo Subianto, Indonesia dengan keberlanjutannya akan mampu meraih cita-cita Indonesia maju, Indonesia 2045. Saya sangat meyakini itu Insya Allah semuanya sesuai yang kita cita-citakan yaitu Indonesia Emas di tahun 2045,” ucap Jokowi.

(hns/hns)

Membagikan
Exit mobile version