Kamis, September 19


Jakarta

Perpindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur hanya menunggu satu hal lagi, yaitu Keputusan Presiden (Keppres). Meski begitu, nampaknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau buru-buru meneken beleid tersebut.

Jokowi memastikan semua hal betul-betul siap sebelum bisa meneken aturan tersebut, mulai dari gedungnya, infrastruktur dasarnya, hingga sumber daya manusianya juga harus disiapkan. Menurutnya tanda tangan itu mudah. Namun, yang sulit adalah semua yang ada di IKN harus dinyatakan benar-benar siap untuk menerima mandat menjadi ibu kota baru.

“Kita melihat itu kesiapan betul-betul, di sana harus betul-betul, siap betul, tanda tangan gampang, tapi kesiapan IKN itu sendiri. Kalau yang namanya ditandatangani, pindah itu semua harus siap, bukan hanya gedung yang siap, furnitur harus siap, listrik harus siap, SDM harus siap, sistemnya harus siap,” beber Jokowi di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2024).


Sebagai perumpamaan, dia mengatakan pindah rumah saja sudah cukup ruwet, apalagi pindah ibu kota .Dia bilang, semua hal harus diperhitungkan baik-baik sebelum ibu kota benar-benar pindah.

“Pindahan rumah aja ruwetnya kaya gitu, ini pindah ibu kota jadi semua harus dihitung,” ujar Jokowi.

Prabowo Bisa Teken Keppres

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan bisa saja Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang akan meneken Keppres IKN. Hal ini bisa terjadi bila hingga Oktober mendatang IKN belum dirasa siap olehnya.

Memang, jabatan Jokowi sendiri hanya bersisa dalam kurun waktu sebulanan lagi saja. Akhir Oktober mendatang, Prabowo Subianto akan menggantikan Jokowi menjadi presiden baru Indonesia hingga 2029.

“Yang tanda tangan bisa saya, bisa juga presiden terpilih Prabowo Subianto. Pokoknya kotanya siap betul, ekosistem sudah terbangun, kalau itu sudah siap, juga ada pendukung lainnya, logistik seperti apa, sekolah untuk anak-anak, rumah sakitnya siap nggak,” ungkap Jokowi.

Seperti diketahui, sejak Agustus yang lalu, Jokowi sudah mulai bolak-balik berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sejauh ini beberapa bangunan pemerintah pun sudah terbangun di ibu kota baru.

Beberapa acara besar juga sudah dihelat di Nusantara. Mulai dari pengarahan kepada aparat TNI/Polri, pengarahan kepada kepala daerah, sidang kabinet paripurna, hingga acara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Simak Video: Jokowi soal Keppres Pindah Ibu Kota: Kalau Cuma Tanda Tangan Gampang

[Gambas:Video 20detik]

(hal/ara)

Membagikan
Exit mobile version