Minggu, Juni 30


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan bakal melakukan rangkaian Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Jakarta. Tepatnya di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta Pusat pada 16 Agustus 2024.

Sidang tahunan ini dipastikan bakal dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu agendanya adalah Jokowi bakal memaparkan nota keuangan dan rencana anggaran APBN tahun 2025 yang merupakan APBN pertama presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal ini ditegaskan dalam pertemuan Jokowi dengan pimpinan MPR di Istana Negara, Jakarta Pusat hari ini. Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengatakan sidang tahunan akan dilakukan dengan agenda seperti tahun-tahun sebelumnya.


“Presiden dan pimpinan MPR sepakat akan menghadiri sidang tahunan MPR pada tanggal 16 Agustus 2024 di gedung DPR MPR RI yang proses atau metode persidangannya diputuskan sama seperti persidangan-persidangan sidang tahunan tahun sebelumnya,” tegas Ahmad Basarah usai pertemuan, Jumat (28/6/2024).

Ahmad Basarah mengatakan dalam sidang tahunan, pimpinan MPR juga akan mendengarkan laporan pimpinan lembaga negara yang bersifat constitutional body atau yang kewenangannya berasal dari UUD. Seluruh laporan kinerja lembaga negara itu akan disampaikan Jokowi sebagai kepala negara.

Agenda sidang tahunan yang tetap dilakukan di Senayan ini juga ditegaskan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

“Bapak Presiden menegaskan bahwa sidang-sidang dalam Peringatan Kemerdekaan HUT RI agar tetap seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025,” jelas Pratikno dalam keterangan resmi.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri punya rencana baru dalam melakukan agenda tahunan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Upacara itu tidak lagi hanya dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Rencananya Upacara Hari Kemerdekaan akan dilakukan secara hybrid di Istana Negara Jakarta Pusat dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara di IKN didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan Wakil Presiden Maruf Amin akan upacara di Istana Negara didampingi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

(hal/kil)

Membagikan
Exit mobile version