Rabu, Oktober 23

Jakarta

Di Sawangan ada kedai kopi yang menawarkan konsep seperti rumah joglo. Selain suasana nyaman, di sini juga ada kopi lemon hingga ayam bakar yang sayang dilewatkan!

Mencari kedai kopi yang punya suasana asri di Jakarta mungkin sulit. Sebagai pilihan, kamu bisa melipir sedikit ke daerah Bojongsari, Sawangan, Depok. Di sini ada kedai kopi dengan konsep asri seperti itu.

Namanya Joglo Teduh, sebuah coffee and eatery dengan konsep rumah Joglo khas Jawa yang lokasinya pun agak ‘nyempil’.


Sesuai namanya ‘coffee and eatery’, di sini tersedia berbagai macam pilihan minuman kopi, non-kopi, mocktail, dan aneka makanan, mulai dari camilan sampai makanan berat. Harganya juga masih terjangkau, mulai dari 15.000 sampai Rp 25.000 saja.

Beberapa menu menarik untuk dicoba, seperti Kopi Lemon Teduh hingga Lychee Blue Motion yang punya rasa unik. Ada juga camilan cireng, roti bakar, sampai ayam bakar yang sayang dilewatkan.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat Makan Joglo Teduh
Alamat Jl. Abdul Rohim No.1, RT.2/RW.6, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16516.
Instagram @jogloteduh
Jam Operasional Setiap hari 12.00 – 24.00 WIB
Estimasi Harga Rp 15.000 – Rp 25.000
Tipe Kuliner Kopi dan makanan
Fasilitas
  • Tempat parkir luas
  • Area semi outdoor
  • mushola
  • toilet

1. Konsep rumah joglo yang asri

Masuk-masuk pengunjung disambut dengan dekorasi gerobak andong seperti ini. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Jika mencari coffee shop atau tempat makan yang luas dengan suasana sejuk, Joglo Teduh jadi pilihan tepat.

Bangunannya berbentuk rumah Joglo tradisional Jawa yang membuat suasananya menjadi lebih ‘homey’ dan nyaman.

Begitu masuk, pengunjung bakal disambut gapura khas rumah Jawa dan gerobak andong di depannya. Nuansa ‘Jawa’ nya semakin kuat karena tambahan ornamen-ornamen, seperti patung Loro Blonyo dan patung naga.

Unsur tradisionalnya juga tetap terjaga dengan furnitur dan dekorasi yang lebih banyak menggunakan unsur kayu dan rotan.

Joglo Teduh punya suasana yang sejuk dan asri. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Areanya semi outdoor, dimana meja dan kursi diletakkan di dalam rumah Joglo. Rumah joglo ini dibiarkan terbuka sehingga pengunjung bisa menikmati suasana asri dan sejuk dari tanaman hijau yang mengelilinginya.

Di sini juga ada area bar dimana pengunjung bisa duduk sambil melihat para barista menyiapkan minuman. Fasilitas lainnya juga cukup lengkap, terdapat area parkir yang luas, musala, hingga toilet. Dalam waktu tertentu, mereka juga menyediakan penampilan live music.

Areanya luas dengan konsep rumah Joglo yang menarik juga membuat Joglo Teduh dapat disewakan sebagai tempat kumpul keluarga, acara ulang tahun, hingga lamaran.

2. Kopi Lemon dan Kopi Aren Teduh jadi favorit

Berikut sejumlah minuman andalan yang ditawarkan oleh Joglo Teduh. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Di sini tersedia menu berbasis kopi yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti menu standar espresso, latte, Americano, dan dopi. Lalu ada flavour coffee, seperti coffee pandan, almond, hazelnut, rum, sampai manual brew, seperti V60, Japanese, Vietnam Drip yang biji kopinya bisa dipilih sesuai keinginan.

DetikFood mencoba menu signature mereka, Coffee Joglo Aren (Rp 22.000) dan Coffee Lemon Teduh (Rp 22.000).

Coffee Joglo Aren terdiri dari racikan one shot espresso, susu, dan gula aren. Disajikan dengan gelas berukuran cukup besar, kurang lebih 350 ml.

Tampilannya seperti kopi latte pada umumnya, dimana gula aren dan espresso mengendap di bagian bawah dan bagian atasnya dipenuhi dengan susu putih.

Tak lupa kami mengaduk racikan kopi tersebut agar rasanya menyatu. Setelah diseruput, tercap rasa gula aren yang manisnya kuat di lidah. Namun, perpaduan rasa susu dan kopinya menyatu, dimana kami masih bisa merasakan sentuhan rasa kopi yang cenderung asam.

Menurut salah satu pegawai, untuk racikan kopi ini, mereka menggunakan house blend Arabica dan Robusta. Namun, tampaknya komposisi Arabica lebih kuat karena rasa asamnya lebih dominan daripada pahit.

Racikan kopi lemonnya punya perpaduan rasa manis, asam, pahit, yang menyegarkan. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Jika tidak mau kopi yang terlalu manis, bisa coba Coffee Lemon Teduh (Rp 22.000). Racikannya terdiri dari one shot espresso, susu, signature lemon liquid (sirup lemon), dan tambahan lemon segar.

Kopi disajikan dalam gelas yang lebih kecil, kurang lebih 250 ml. Tampilannya cukup menarik karena ada lembaran dried lemon di atas kopi.

Pertama kali diseruput terasa sirup lemon yang cenderung manis dengan sedikit sentuhan asam. Rasa kopi yang cenderung pahit pun baru muncul setelahnya.

Menurut kami sensasi minum kopi lemon ini mirip seperti minum teh lemon, tetapi ada sentuhan rasa kopi yang ringan setelahnya.

Bisa pesan moktail juga di Joglo Teduh yang manis segar. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Selain kopi, mereka juga punya minuman mocktail yang menyegarkan. Kami memesan Lychee Blue Motion (Rp 20.000) yang punya tampilan warna biru terang. Perpaduan soda dan lychee menciptakan rasa minuman manis menyegarkan, dengan sensasi rasa menggigit khas soda.

Simak Video “Nongkrong di Coffee Shop Depok Bernuansa Homey: Ada Kopi Susu-Gultik
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version