Senin, Oktober 7


Jakarta

Joan Mir kesal bukan main dengan Alex Marquez usai insiden di MotoGP Jepang. Mir menyebut ini bukan yang pertama dilakukan Alex.

Joan Mir gagal menyelesaikan balapan utama di MotoGP Jepang. Dia diseruduk Alex Marquez di tikungan ke-12 saat lap pembuka, setelah melebar di tikungan 11. Akibatnya, Alex dan Mir sama-sama tak bisa melanjutkan balapan. Motor Alex terlihat nyangkut di bagian belakang motor Mir hingga akhirnya membuat rider Repsol Honda itu terjatuh. FIM Steward langsung melakukan investigasi atas insiden itu.

“Di tikungan 11 Alex melaju terlalu jauh dan masuk tikungan 12 dia menabrak saya dari belakang, tanpa berpikir panjang, nyaris seperti rudal,” ungkap Mir dilansir Crash.


“Anda harus banyak berpikir di atas motor, jangan merusak balapan orang lain. Saya lebih marah dengan hasil pertandingan daripada cedera,” lanjutnya lagi.

Kekesalan Mir itu diungkap saat steward belum menjatuhkan sanksi kepada Alex. Menurutnya, aksi Alex itu jelas pelanggaran. Alex sudah seharusnya dijatuhi hukuman yang berat.

[Gambas:Instagram]

“Saya menunggu Race Direction untuk membuat pernyataan, mereka mungkin sedang tidur atau makan,” ujar Mir dengan nada sarkastik.

Kejadian ini membuat Mir murka. Menurutnya, tak ada etiket baik dari Alex usai insiden. Pun Mir mengatakan bahwa ini kesalahan berulang yang sering dilakukan adik Marc Marquez itu.

“Ini bukan pertama kalinya hal seperti ini terjadi pada saya dengan melibatkan dia. Saya baik-baik saja, saya melakukan comeback sampai Alex memutuskan untuk mengakhiri balapan saya. Ini bukanlah insiden balapan. Ketika Anda tahu ada pebalap di depan Anda dan Anda menabraknya tanpa berpikir panjang, itu bukanlah insiden balapan,” tutur Mir.

Beberapa jam setelah balapan, steward mengumumkan Alex bersalah. Rider Gresini Racing itu dikenai sanksi long lap penalti yang harus dijalankan pada balapan selanjutnya.

Di sisi lain, Alex mengatakan bahwa dia telah meminta maaf kepada Mir. Namun dia tak terima dengan penalti yang dijatuhkan kepadanya. Menurut Alex, steward tidak konsisten. Dia membandingkan dengan insiden Jack Miller. Miller kata Alex tak dijatuhi hukuman apapun padahal menjadi pemicu tabrakan beruntun di MotoGP Mandalika pekan lalu.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version