Jumat, September 27

Jakarta

Kurma dikenal sebagai buah dalam kategori superfood. Kamu bisa meraciknya menjadi minuman atau disebut air kurma untuk merasakan beberapa manfaat sehatnya.

Kurma menjadi salah satu superfood karena kandungan nutrisinya yang menyehatkan tubuh. Buah berwarna cokelat ini memiliki kalori yang rendah, mengandung serat, gula alami, protein, vitamin B6, iron, karbohidrat, protein, dan lemak.

Kurma juga banyak mengandung zat antioksidan yang berperan baik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Jika rutin dikonsumsi tubuh tidak mudah terserang penyakit.


Untuk menikmatinya, buah favorit Rasulullah SAW ini bisa langsung dinikmati begitu saja. Tetapi kini banyak juga orang yang mengolah kurma sebagai aneka dessert atau minuman yang menyehatkan.

Dilansir dari Food NDTV (24/9), kamu bisa meracik air kurma sebagai minuman sehat. Air kurma dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan hingga kulit.

Berikut 4 manfaat sehat jika rutin mengonsumsi air kurma:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

racikan air kurma yang bermanfaat Foto: Getty Images/iStockphoto

Jika akhir-akhir ini kerap mengalami masalah pencernaan, minum air kurma bisa menjadi solusi yang tepat. Kurma diketahui sumber serat yang sangat baik, sehingga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH), pada 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar yang signifikan. Jadi, jika ingin terhindar dari sembelit, bisa mengonsumsi air kurma.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air kurma juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat, bercahaya, dan awet muda jika rutin mengonsumsinya.

Menurut NIH, wanita paruh baya yang menggunakan krim kulit dengan kandungan 5 persen biji kurma menunjukkan hasil berkurangnya kerutan. Hal ini dikarenakan kurma kaya akan zat antioksidan yang berarti mengonsumsi airnya dapat membantu menutrisi kulit dari dalam.

Simak Video “KuTips: Bikin Infused Water Kurma untuk Jaga Stamina saat Puasa!
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version