Minggu, Oktober 27

Jakarta

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Indonesia (Apjatel) telah memilih Ketua Umum terbaru untuk periode 2024-2027. Jerry Mangasas Siregar yang kembali terpilih menjadi orang satu di asosiasi pengusaha internet tersebut.

Dalam Musyawarah Nasional III Apjatel yang digelar di Bogor, Jawa Barat, ini Jerry menjadi calon tunggal hingga pada akhirnya diputuskan kembali menjadi Ketua Apjatel.

Dalam masa bakti tiga tahun ke depan, Jerry mengedepankan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak terkait penggelaran jaringan telekomunikasi di Indonesia.


“Dari segi teknologi digital, jaringan Internet yang memadai perlu terus digelar dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami untuk terus mendukung, bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan jaringan hingga ke tingkat kabupaten serta kota kecil di Indonesia,” ujar Jerry, Kamis (24/10/2024).

Sebagai Ketum Apjatel periode 2024-2027, Jerry memiliki tiga program. Pertama adalah harmonisasi dan simplifikasi regulasi, bagaimana menggelar jaringan di berbagai daerah dapat diatasi.

Kedua, Apjatel ke depannya akan melakukan penataan dengan melibatkan seluruh pemangku kebijakan terkait.

“Semoga terjadi badan usaha yang bisa menjembatani Apjatel untuk melakukan penataan jaringan utilitas karena ini cukup masif nantinya kita lakukan. Dan berharap dukungan penuh dari semua self-owner,” tuturnya.

Dan, ketiga regulasi yang ada saat ini dinilai pengusaha internet turut menjadi batu sandungan dalam penggelaran jaringan, terutama aturan yang berbeda di tiap wilayahnya. Persoalan ini yang akan dikomunikasikan Apjatel dengan regulator.

“Memang di samping regulasi dan terhadap penataan itu, kita sangat mendorong optimalisasi utilisasi network yang ada. Jadi ada 800 ribu kilometer ini. Mungkin saatnya sesuai dengan undang-undang cipta kerja, sharing infrastruktur itu keniscayaan,” ungkapnya.

(agt/fyk)

Membagikan
Exit mobile version