Jumat, Juni 28


Munich

Piala Eropa 2024 dibuka dengan pesta gol Jerman atas Skotlandia. Die Mannschaft tampil dominan dalam dua babak dan menutup laga dengan kemenangan 5-1.

Jerman vs Skotlandia jadi laga pertama Grup A Piala Eropa 2024. Duel berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (15/6) dini hari WIB.

Laga berjalan timpang sepanjang 2×45 menit. Jerman leluasa memborbardir lini pertahanan lawan, sementara Skotlandia susah sekali memberi ancaman.


Statistik memperlihatkan dominasi Jerman atas Skotlandia. Pasukan Julian Nagelsmann mencatatkan 20 tembakan (10 on target), 682 kali operan, serta 73 persen penguasaan bola.

Angka itu berbanding terbalik dengan Skotlandia yang cuma bisa bikin 1 tembakan percobaan, 251 operan, dan 27 persen ball possession. The Tartan Army bahkan harus bermain dengan 10 pemain jelang turun minum akibat kartu merah Ryan Porteous.

Jerman langsung unggul 3-0 di babak pertama. Florian Wirtz membuka skor pada menit kesepuluh, sebelum ditambah gol Jamal Musiala (19′) dan eksekusi penalti Kai Havertz (45+1′).

Tim tuan rumah menambah gol di babak kedua melalui Niclas Fuellkrug (68′) dan Emre Can (90+3′). Skotlandia mendapat gol ‘hiburan’ lewat own goal Antonio Ruediger (87′).

Dominasi Jerman atas Skotlandia menjadi rekor baru. Squawka mencatat, Die Mannschaft berhasil mengukir kemenangan terbesar mereka dalam keikutsertaan di Piala Eropa.

Tidak hanya itu, skor 5-1 Jerman menjadi kemenangan terbesar laga pembuka dalam sejarah Piala Eropa. Menariknya kelima gol yang tercipta dicetak lima pemain berbeda.

Skotlandia turut membuat rekor di laga ini, tapi bisa dibilang memalukan. The Tartan Army mengalami kekalahan terbesar di turnamen mayor untuk pertama kalinya sejak menyerah 0-7 dari Hungaria di Piala Dunia 1954. Duh!

(bay/rin)

Membagikan
Exit mobile version