Kamis, Juli 4

Jakarta

Selain menjadi tempat masak, dapur juga menjadi tempat untuk menyimpan bahan makanan. Namun, tidak semua bahan makanan baik disimpan di dapur, seperti 5 makanan ini.

Dapur menjadi area yang penting untuk melakukan aktivitas memasak. Tidak hanya area memasak, di dapur biasanya juga ada tempat untuk meletakkan sejumlah peralatan memasak, peralatan makan, hingga bahan-bahan makanan.

Namun, terkadang area dapur menjadi sangat penuh sehingga sulit menemukan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang seharusnya tidak ada di dapur justru berakhir di dapur.


Selain itu, sebenarnya tidak semua bahan makanan bisa diletakkan di dapur. Sebab kualitasnya bisa jadi menurun, bahkan menjadi busuk atau basi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bahan makanan mana yang cocok dan tidak diletakkan di area dapur. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Times of india (26/06/2024).

1. Sayuran dan buah di dapur

Sayuran dan buah lebih baik disimpan dalam kulkas. Foto: youtube GadgetIn

Makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dapur adalah buah dan sayuran. Besar kemungkinan kualitasnya akan rusak.

Jika dibiarkan begitu saja di dapur, bisa jadi buah dan sayuran terpapar suhu tinggi yang mampu meningkatkan kecepatan pematangan.

Hindari juga menyimpan buah dan sayuran dekat kompor, kompor gas, pemanggang roti atau peralatan lain yang mengeluarkan panas.

Oleh karena itu, lebih baik disimpan dalam kulkas. Di dalam kulkas, buah dan sayuran ini bisa bertahan dua sampai tiga hari, atau bahkan lebih lama.

Jika memang ingin disimpan di dapur, simpan di area meja yang bersih dan letakkan di dalam keranjang atau tempat yang berventilasi.

2. Beragam jenis tepung

Tepung terigu dan butter untuk membuat kue keringAkan lebih baik jika tepung disimpan dalam tempat tertutup yang rapat dan tidak terkena paparan sinar matahari. Foto: iStock

Beberapa orang seringkali menyimpan tepung di dalam stoples dan meletakkannya di dapur. Padahal, tidak baik menyimpan tepung di area dapur karena kualitasnya bisa cepat rusak.

Menyimpan tepung di dalam stoples juga menyebabkan serangga bisa masuk. Hindari juga menyimpan tepung dekat dengan bahan makanan yang mudah berjamur, seperti telur. Jauhkan menyimpan tepung dari rak penyimpanan telur untuk menjaga kualitas dua bahan ini.

Jika ingin menyimpan di dalam stoples, pastikan kemasannya tertutup rapat. Perhatikan juga suhu penyimpanan tepung. Jauhkan dari tempat yang terkena sinar matahari langsung atau paparan suhu panas.

Sebaiknya tepung disimpan di dalam ruangan sejuk dan memiliki ventilasi udara baik.

Makanan lain yang perlu dihindari disimpan di dapur bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version