Kamis, September 19

Jakarta

Menyimpan makanan yang tampak sederhana ternyata ada caranya. Beberapa makanan memiliki masa simpan tersendiri untuk disimpan dalam kondisi tertentu.

Ketika memiliki makanan yang tersisa rasanya begitu sayang jika langsung membuangnya padahal masih layak makan. Menyimpan makanan yang tak habis dan layak makan juga menjadi cara untuk mengatasi sampah makanan.

Sampah makanan telah menjadi salah satu permasalahan limbah terbesar apalagi yang dihasilkan rumah tangga. Untuk mengatasi hal ini, perhatikan cara menyimpan makanan.


Setiap jenis makanan memiliki durasi maksimal penyimpanan yang berbeda-beda. Agar tak salah dan makanan tetap layak dikonsumsi sebaiknya perhatikan durasi menyimpan makanan berikut.

Berikut ini cara menyimpan 5 jenis makanan melansir The Spruce Eats:

Olahan sayuran hijau memiliki cara penyimpanan yang berbeda agar lebih awet. Foto: Getty Images/Iuliia Mikhalitskaia

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau dapat dibedakan menjadi cara pengolahannya, baik yang dimasak maupun diolah menjadi jus atau cairan. Keduanya memiliki cara penanganan yang berbeda.

Untuk sayuran hijau yang dijus, wadah penyimpanannya bisa menggunakan plastik kedap udara atau wadah dengan penutup. Sebaiknya disimpan pada freezer dalam kondisi beku dan tahan hingga 12 bulan ke depan.

Sementara untuk sayuran hijau yang dimasak sebagai tumisan dan lainnya, cukup disimpan pada wadah kedap udara. Daya tahannya maksimalnya hanya 3-4 hari.

2. Sup

Sayur berkuah, sup, hingga makanan berkuah kental seperti kari dan gulai akrab dengan orang Indonesia. Jika memiliki sisa makanan seperti ini ternyata masih bisa disimpan dan layak makan, lho!

Pertama-tama pastikan kuahnya sudah benar-benar dingin, tidak panas atau masih hangat kuku. Kemudian siapkan wadah dengan penutup yang benar-benar rapat untuk mencegah masuknya udara.

Jika disimpan pada suhu pendingin biasa, makanan ini dapat bertahan hingga 4 hari. Sementara jika dibekukan dalam freezer setidaknya layak dikonsumsi dalam 3-4 bulan ke depan.

Ada cara menyimpan daging hingga nasi di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version