Jumat, Oktober 4


Jakarta

Pemerintah Malaysia kembali memberikan kado istimewa buat warganya yang ingin merayakan Idul Fitri tahun ini. Pemerintah Malaysia memberikan program gratis tarif jalan tol pada saat mudik lebaran.

Diberitakan kantor berita Bernama, Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengumumkan bahwa pemerintah telah menyetujui masa gratis jalan tol selama dua hari pada 8 dan 9 April bagi pengguna kendaraan pribadi Kelas 1 di jalan tol. Hal itu merupakan program untuk menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini.

Pemerintah Malaysia mengalokasikan total 37,6 juta ringgit (Rp 126,3 miliar) untuk menutupi biaya program gratis tol sehubungan dengan perayaan Idul Fitri tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Ahmad Maslan.


“Jika kita mengumpulkan biaya untuk dua hari tersebut, pemerintah menghabiskan sekitar RM38 juta untuk membayar 33 perusahaan konsesi jalan tol di negara tersebut. Itu sekitar RM19 juta per hari. Itu keputusan Kabinet…dan sudah final,” ujarnya.

Ahmad mengatakan sekitar 2,1 juta kendaraan diperkirakan akan menggunakan jalan tol setiap hari selama libur hari raya, yaitu pada tanggal 5, 6, 9, 12, 13, dan 14 April 2024. Hal itu naik dibandingkan hari sibuk biasa yang hanya mencapai 1,82 juta kendaraan.

Dia mengatakan pengelola jalan tol juga akan mengerahkan lebih dari 4.500 personel di seluruh ekosistem jalan raya untuk memastikan respons yang cepat selama musim perayaan ini.

“PLUS (pengelola jalan tol Malaysia) juga memiliki 70 staf pada jam sibuk harian di Pusat Pemantauan Lalu Lintas untuk memantau, mengumpulkan dan menyebarkan informasi lalu lintas terkini dan mengoordinasikan bantuan kepada pengguna jalan raya. Pengguna jalan tol juga disarankan untuk merencanakan perjalanannya menggunakan jadwal perjalanan digital yang tersedia di aplikasi MyPLUS-TTA,” ujarnya.

Simak Video “Penampakan Banjir Genangi Tol Bandara Soetta
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

Membagikan
Exit mobile version