Sabtu, September 28


Jakarta

Kalau berkesempatan mengunjungi Pulau Bali, jangan heran melihat mobil listrik yang sangat sulit ditemukan di tempat lain wara-wiri di sana. Toyota Innova versi listrik sudah jadi kendaraan pengangkut turis Pulau Dewata.

Meski begitu, buat siapa saja yang berminat menjajal Innova listrik ini masih harus bersabar. Soalnya di Bali, jumlah mobil hasil konversi ini sangat terbatas, cuma dua unit.

Dua unit Innova listrik tersebut terparkir di The Stones Hotel Bali dan menjadi bagian dari armada pengangkut turis yang berkunjung ke hotel bintang lima di wilayah Pantai Kuta itu. The Stone Hotel bisa ‘memiliki’ Innova listrik tersebut dalam rangkaian kerjasama dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).


Dua unit Innova listrik hasil konversi tersebut digunakan sebagai layanan antar-jemput antara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan The Stones Hotel. Selain Innova listrik, The Stones Hotel juga menyediakan kendaraan electrifikasi lain yang bisa digunakan tamu yakni Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Yaris Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

“Dengan berbagai pilihan elektrifikasi seperti BEV, PHEV, dan HEV, Toyota Indonesia menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi mobilitas yang beragam dan ramah lingkungan. Pengembangan kendaraan Innova BEV konversi sejak tahun 2022 mencerminkan langkah progresif kami dalam memperluas portofolio elektrifikasi,” kata Presiden Direktur TMMIN, Nandi Julyanto di Bali, pekan lalu

“Melalui inisiatif ini, kami tidak hanya menawarkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, tetapi juga menciptakan peluang bagi konsumen untuk menjelajahi berbagai solusi mobilitas sesuai kebutuhan mereka. Dengan pendekatan multi-pathway kami, kami bertekad untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan dan adaptif, memastikan bahwa masa depan mobilitas tidak hanya efisien, tetapi juga inklusif termasuk untuk area pariwisata seperti Bali,” lanjut Nandi.

Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto menumpang Toyota Innova listrik yang jadi armada pengangkut turis di The Stone Hotel, Bali (Foto: TMMIN)

Kenapa Toyota Innova Listrik Memilih Bali?

Dipilihnya Bali sebagai lokasi uji coba berkelanjutan Innova listrik tak lain karena wilayah tersebut telah berkomitmen dan dianggap sebagai pionir pariwisata berkelanjutan. Pulau Bali ditargetkan mencapai Net Zero Emision pada tahun 2045, lebih cepat 15 tahun dari target nasional Indonesia pada 2060.

“Kami senang bisa merintis solusi transportasi berkelanjutan di Bali, bermitra dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia untuk meluncurkan airport shuttle dengan beragam teknologi kendaraan elektrifikasi termasuk salah satunya kendaraan iconic Kijang Innova BEV Conversion satu-satunya di Indonesia. Kami tidak hanya memberikan pengalaman perjalanan mewah kepada para tamu, namun juga mengurangi jejak karbon kolektif kita bersama,” papar Franklyn Kocek, General Manager The Stones Hotel, Legian Bali.

Toyota Innova Listrik menjadi salah satu kendaraan pengantar tamu di The Stone Hotel Bali. Foto: TMMIN

Untuk dapat merasakan Innova nol emisi ini, pengunjung dapat melakukan pemesanan dengan tarif antara Rp 350.000 hingga Rp 375.000 untuk sekali perjalanan. Layanan antar-jemput ini mampu menampung tiga orang dewasa dan empat buah bagasi.

Tentang Innova Listrik yang Bikin Heboh IIMS 2022

Secara tampilan, Innova listrik yang berada di Bali sangat mirip dengan yang sempat bikin heboh pada IIMS 2022 lalu. Perbedaan besar antara Innova listrik dengan versi ICE ada pada grill, sementara di bagian lain sama persis seperti Kijang Innova yang masih dipasarkan hingga kini.

Meski mengundang banyak perhatian pada IIMS 2022, Toyota ketika itu cuma memajang Innova listrik sehari saja. Pada hari kedua pameran, mobil tersebut sudah ditarik kembali ke kandangnya.

Meski tak banyak terdengar pemberitaannya setelah itu, TMMIN ternyata terus mengembangkan Innova listrik tersebut. Termasuk dua unit yang kini bisa dirasakan oleh umum di Bali dan telah menjalani pengujian lebih dari 70.000 km.

Dua Kijang Innova listrik di The Stone Hotel Bali mulai dioperasikan sejak empat bulan lalu. Mobil Innova listrik pertama di dunia itu akan melayani turis hingga dua tahun ke depan.

(din/rgr)

Membagikan
Exit mobile version