Senin, September 30


Jakarta

Jeruk memang dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, ternyata kulitnya sangat kaya nutrisi yang berkhasiat.

Jeruk termasuk ke dalam jenis buah citrus yang asam manis menyegarkan. Diketahui kalau kandungan vitamin C pada buah ini sangat tinggi, tak heran kalau baik untuk meningkatkan imunitas.

Ternyata, tak hanya daging buahnya saja yang memberikan manfaat, tapi juga bagian kulitnya. Disebutkan kalau kulit jeruk juga menyimpan beragam manfaat.


Dilansir dari Mirror (3/6), manfaat kulit jeruk ini dibagikan oleh Dr Karan Raj, seorang dokter di NHS England melalui video TikTok miliknya. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 5,3 juta kali.

A peeled orange on the wooden background Foto: Getty Images/iStockphoto/Qwart

“Saat makan jeruk, jangan buang kulitnya. Memang kamu tidak ingin makan itu secara langsung, tapi bisa kamu gunakan kulitnya untuk nutrisi tambahan,” ujarnya dalam video.

Ia menyatakan bahwa kulit jeruk kaya akan nutrisi. “Kulit jeruk itu sendiri kaya akan serat makanan larut yang disebut pektin. kulitnya mengandung vitamin C tinggi, terkadang sama banyaknya dengan daging buahnya itu sendiri,” ungkap Dr. Raj.

Selain itu, Raj juga menyebutkan bahwa kulit jeruk mengandung karotenoid dan polifenol yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Sehingga baik mengonsumsi kulit jeruk untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Dr. Raj juga menjelaskan cara tepat untuk mengonsumsinya. “Kamu bisa menjadikannya sebagai topping es krim atau campuran kue dan yogurt,” jelasnya.

Ternyata, ada penelitian baru yang mendukung klaim dari Dr. Raj. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kulit jeruk memiliki konsentrasi senyawa tanaman bermanfaat, seperti polifenol, menurut Gloucestershire Live.

Sebuah studi tahun 2023 mengungkapkan bahwa kulit jeruk memiliki jumlah senyawa fenolik, vitamin C, flavonoid, dan aktivitas antioksidan yang lebih besar dibandingkan biji dan daging buahnya.

Jika akan mencampurkan kulit jeruk segar dalam makanan atau minuman. Seperti jeruk navel, parut halus bagian kulitnya. Jangan sampai terkena bagian yang putih Karena rasanya akan pahit. Kulit jeruk navel Bisa diiris tipis bagian yang kuning saja dan direbus atau dijadikan bahan rendaman.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version