Kamis, Oktober 10


Jakarta

TikToker ini menunjukkan penggunaan kulit bawang. Pasalnya, kulit itu bisa diolah jadi bumbu halus yang enak untuk masakan dan berkhasiat bagi kesehatan.

Banyak orang menganggap kulit bawang putih, bawang merah, atau bawang bombai hanyalah sisa yang perlu dibuang. Rupanya, kulit itu bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi bumbu halus yang tidak kalah enak.

Melalui TikTok @elle_kvi, Elle menghimbau banyak orang untuk tidak membuang kulit bawang bombai atau bawang putih ke tempat sampah. Pasalnya, kulit itu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, lapor dailyexpress.com (06/10/2024).


Dalam video tersebut, ia terlihat mencuci kulit bawang dan memasukkannya ke dalam loyang kue lalu meanggangnya di oven. Selanjutnya kulit bawang yang sudah dipanggang dihaluskan hingga jadi bubuk. Bubuk halus inilah yang kemudian digunakan untuk memasak.

Dalam keterangan ia juga menjelaskan jika kulit bawang bombai dan bawang putih merupakan sumber serat, antioksidan, dan flavonoid, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kulit bawang bombai dan bawang putih juga menjadi sumber vitamin A, C, dan E yang sangat baik.

Tiktoker ini memperingati banyak orang untuk tidak membuang kulit bawang ke tempat sampah. Foto: TikTok @elle_kvi, Elle

Sayangnya, hal ini tidak begitu dipercayai banyak orang. Beberapa netizen masih ada yang ragu-ragu dan bertanya apakah kulit bawang punya rasa.

Elle menanggapinya dengan mengungkap, “Ya! Saya menggunakannya untuk membumbui dan memberi rasa pada hampir semua makanan!”

Menurut TikToker ini, bagian kulit bawang bombai dan bawang putih yang teksturnya seperti kertas ternyata kaya akan rasa.

Sarannya untuk tidak membuang kulit bawang ini sebenarnya baik untuk diikuti. Dr, Karan Raj, belum lama ini juga menekankan bahwa kulit buah atau sayuran tertentu memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Kulit bawang bisa dipanggang dan dihaluskan menjadi bumbu halus untuk masakan. Foto: TikTok @elle_kvi, Elle

Dokter bedah ini memberi contoh bagaimana kulit jeruk juga bisa digunakan untuk memberi nutrisi tambahan bagi tubuh. Menurutnya, kulit jeruk mengandung banyak nutrisi, mulai dari serat larut yang disebut pektin, kadar vitamin C tinggi, hingga karotenoid dan polifenol yang merupakan senyawa anti-inflamasi.

Dokter ini juga menyarankan untuk memanfaatkan kulit jeruk itu sebagai topping pada es krim, kue, hingga yogurt.

Melansir Alodokter, kulit bawang memang bisa diolah atau diekstrak jadi bubuk. Ekstraknya bisa dicampur dalam masakan, dijadikan suplemen, atau campuran dalam teh.

Kulit bawang itu juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh, Foto: TikTok @elle_kvi, Elle

Berbagai khasiat bisa didapatkan dari kulit bawang ini, mulai dari membantu menurunkan berat badan, mencegah keparahan gejala asma, meredakan radang sendi, hingga mencegah penyakit jantung.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ekstrak kulit bawang juga bisa digunakan dalam proses pengolahan berbagai macam makanan. Mulai dari membantu mengawetkan roti agar tidak mudah berjamur, mencegah reaksi oksidasi pada minyak goreng, hingga meningkatkan kandungan serat pada mie dan pasta.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version