Rabu, Juli 3


Jakarta

Saat dikupas untuk diambil dagingnya, kulit dan kepala udang biasanya dibuang. Padahal bagian kepala udang ini sangat gurih dan bisa jadi bumbu penyedap enak.

Udang adalah jenis seafood yang populer dan memiliki bisa diolah jadi masakan enak. Apalagi kalau udang itu masih dalam kondisi segar, tekstur dagingnya empuk juicy dan rasanya manis.

Namun, tak hanya bagian daging saja yang bisa dimanfaatkan, tapi juga kepala udang. Kepala udang ini bisa diolah menjadi bumbu penyedap rasa alami.


Dilansir dari Tasting Table (), kepala udang juga bisa menghasilkan rasa yang gurih ketika dijadikan bumbu. Bahkan, aroma gurih khas seafood juga kuat terasa. Membuat bumbu udang, atau lebih tepatnya bubuk udang, adalah cara kreatif untuk mengurangi limbah makanan.

kepala udang dimanfaatkan kembali Foto: iStock

Saat akan diolah kepala udang yang kerap dibuang. Olahan kepala udang hemat biaya dan mudah dibuat. Namun, manfaat terbesar membuat bumbu udang terletak pada rasany ayang gurih dan harum aromanya.

Bubuk udang sangat gurih dengan rasa asin dan rasa pedas yang halus. Selain menonjolkan rasa gurih pada masakan berbahan dasar udang, bubuk kepala udang bisa memberi rasa umami pada masakan lainnya.

Ditambah lagi, bubuk udang bahkan memberikan lapisan rasa. Cita rasa masakan muncul lebih lengkap secara keseluruhan.

Proses pembuatan bubuk gurih ini sangatlah mudah. Setelah membilas kepala udang yang berongga dengan air mengalir, tiriskan hingga kering lalu letakkan di atas loyang.

Panggang kepala udang pada suhu121 derajat C selama sekitar satu jam, mungkin lebih lama tergantung jumlah kepala udang sampai benar-benar kering dan rapuh. Setelah itu angkat dan oven dan dinginkan. Masukkan kepala udang ke dalam grinder dan proses hingga halus seperti bubuk.

Bubuk udang ini bisa dijadikan bumbu penyedap aneka masakan. Selain dijadikan bumbu bubuk, kepala udang ini juga enak dijadikan kaldu udang. Kepala udang yang sudah dicuci bersih bisa direbus hingga agak menyusut lalu saring. Kaldu udang enak untuk kuah tomyum atau tekwan.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version