Selasa, September 24


Jakarta

Nmax Turbo punya teknologi mutakhir Yamaha Electric CVT (YECVT). Hal ini memungkinkan motor mendapat sensasi tambahan tenaga dan membantu saat deselerasi.

Nmax Turbo menawarkan dua mode berkendara, yakni T (town) dan S (sport). Mode T merupakan opsi standar yang bisa dipakai di wilayah perkotaan, sementara mode S menawarkan pengalaman berkendaraan yang lebih agresif.

Saat pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500-1.000 rpm.


“Salah satu keunggulan yang terdapat pada NMAX “TURBO” adalah teknologi YECVT yang hadir melalui fitur Riding Mode dan juga Y-Shift. Kedua fitur ini jika digunakan secara benar dan optimal dapat memberikan pengalaman berkendara di level tertinggi terutama pada saat cornering, menanjak dan menurun. Karena kedua fitur tersebut bisa membantu pengendara melakukan akselerasi dan deselerasi secara cepat atau instan,” ungkap Rifki Maulana, Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg dalam keterangannya dikutip Selasa (24/9/2024).

Tuas Y-Shift di Nmax Turbo Foto: Ridwan Arifin

Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri. Adapun cara pengoperasian fitur untuk mendapatkan akselerasi dan deselerasi yang optimal adalah sebagai berikut:

Akselerasi

A. Posisi Standing Acceleration (0 km Saat Start)

  1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000). Catatan: Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
  2. Opsi 2 : Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjutkan dengan menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
  3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.

B. Posisi Passing Acceleration (Saat Ingin Mendahului Kendaraan / Keluar Tikungan)

  1. Tutup gas kemudian tekan shift 1-3 kali sesuai kebutuhan.
  2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm).
  3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor.

Deselerasi

  1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1-3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
  2. Kondisi saat sebelum masuk atau ketika menikung: tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan 1-3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
  3. Kondisi saat di jalanan menurun yang panjang: bisa melakukan Shift secara berulang dengan menekan shift 1-3 kali, kemudian tekan tombol Mode untuk me-release shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.

Me-release Y-Shift

Opsi 1: Membuka gas secara cepat.
Opsi 2: Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan mengubah mode berkendara).
Opsi 3: Tutup gas secara konstan.

(riar/rgr)

Membagikan
Exit mobile version