Jumat, Juli 5


Jakarta

Polisi mengungkap pria MR, salah satu penjambret viral di car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, berusaha lari dari kejaran polisi. Pelaku diketahui sempat berpindah-pindah tempat tinggal.

“Tersangka kedua yang di belakang, yang dibonceng, itu tertangkap kemarin 1 Juli dini hari di Jampang Kulon, Sukabumi, karena dia ini pindah-pindah terus,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (2/7/2024).

Pria MR juga menyamar menjadi tukang topeng monyet. Pelaku pun diringkus di kawasan Jampang Kulon, Kota Sukabumi, pada Senin (1/7) dini hari.


“MR ini profesi terakhir atau dia menyamar sebagai tukang topeng monyet, tertangkap dini hari,” ujarnya.

Sementara itu, partner in crime-nya berinisial U sudah terlebih dahulu ditangkap polisi. U ditangkap kurang dari 24 jam setelah kasus penjambretan tersebut viral di media sosial.

“Sudah diamankan, masih didalami oleh penyidik, sindikat penadahnya juga diproses tuntas. Imbauan satu lagi, masyarakat tolong jangan beli barang-barang dari hasil kejahatan,” tuturnya.

Wajah Jambret Terbidik Fotografer

Wajah penjambret ini terpotret mata kamera fotografer yang sedang memotret warga yang sedang berolahraga. Fotografer itu adalah Roni Asnan dengan akun Instagram @asnanfoto.

“Jam 06.15 dari arah Blok M menuju Bundaran HI (Hotel Indonesia). Posisi di depan hotel Meridian banyak pelari berteriak ‘copet… copet…’,” kata Asnan saat dihubungi, Senin (17/6).

Mendengar teriakan itu, Asnan ikut berteriak agar terdengar petugas Satpol PP yang ada di lokasi. Dia lantas langsung memotret pelaku kejahatan yang menerobos masuk kawasan CFD.

“Lantas saya juga berteriak kepada petugas Satpol PP menginformasikan kalau ada jambret mendekat. Sambil siap-siap untuk memotret,” ungkap Asnan.

Dia mengatakan petugas dan pelari sempat mengejar pelaku. Namun pelaku memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi.

“Banyak petugas dan pelari siap-siap untuk menangkap jambret tersebut. Tapi karena berkecepatan tinggi. Satpol PP dan para pelari tidak sanggup menghadang,” tambahnya.

Pada hasil jepretan Asnan, terlihat pelaku penjambretan menggunakan sepeda motor matik berkelir hitam dengan nopol B-3983-PFB. Pelakunya dua pria berjaket hijau dan merah.

Wajah jambret yang mengenakan jaket hijau terlihat jelas pada foto yang diambil Asnan. Sementara satu lainnya hanya terlihat sebagian karena mengenakan masker.

Pada sejumlah foto yang beredar di media sosial itu, pelaku tampak cengengesan sambil mengangkat tangannya meledek orang-orang yang berteriak dan tak bisa menghadangnya.

“Itu ngeledek (pose cengengesan). Nggak teriak, hanya action aja,” ucap Asnan.

Lebih jauh, Asnan menuturkan, kedua jambret itu berhasil menjambret handphone seorang anak laki-laki yang sedang ke CFD bersama orang tuanya.

“Saat kejadian sudah ditanya-tanya sama polisi yang yang sepeda,” imbuh dia.

Saksikan Live DetikSore:

(wnv/mea)

Membagikan
Exit mobile version