Minggu, Juli 7

Jakarta

Samsung Health, aplikasi pelacakan kebugaran dan kesehatan yang populer untuk ponsel Galaxy, mengambil langkah tentatif ke ranah pemantauan kesehatan keluarga.

Menurut laporan dari Android Authority, Samsung sedang mempersiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi data kesehatan mereka dengan orang lain, kemungkinan orang tua atau pengasuh yang perlu mengawasi anak-anak atau kerabat lanjut usia.

Meskipun hal ini dapat menimbulkan masalah privasi, Samsung tampaknya mengambil pendekatan yang terukur. Laporan tersebut menunjukkan bahwa pengguna akan memiliki kontrol terperinci atas data apa yang dibagikan, dengan kemampuan untuk berhenti berbagi sepenuhnya kapan pun mereka mau.


Selain itu, perlindungan lainnya sudah tersedia untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki izin yang dapat mengakses informasi tersebut sebagaimana dilansir detikINET dari Gizmochina, Rabu (3/7/2024).

Berdasarkan tangkapan layar dari laporan tersebut menunjukkan bahwa anak-anak atau mungkin pengguna lanjut usia akan membutuhkan ponsel Galaxy untuk berpartisipasi dalam berbagi data dari Galaxy Watch mereka.

Hal ini untuk mengikat pengguna ke dalam ekosistem Samsung, yang mengharuskan mereka untuk berinvestasi penuh pada perangkat keras merek tersebut untuk fitur khusus ini.

Sedangkan untuk data kesehatan anak-anak, kabarnya memerlukan persetujuan eksplisit dari akun orang tua atau wali. Ada juga disebutkan klausul ketidakaktifan di mana jika pengguna yang berbagi data atau mengakses data tetap tidak aktif selama 90 hari, berbagi akan otomatis berhenti, dan data yang dibagikan akan dihapus.

Laporan tersebut lebih lanjut menunjukkan bahwa fitur ini mungkin tidak eksklusif untuk Galaxy Ring atau Watch yang akan datang. Samsung mungkin akan membatasinya pada jam tangan pintar yang lebih baru untuk sementara waktu sebelum meluncurkannya ke Galaxy Watch yang lebih lama.

Fitur yang akan datang ini memposisikan Samsung Health sebagai platform manajemen kesehatan yang lebih komprehensif. Masih harus dilihat seberapa efektif pembagian data akan diimplementasikan dan bagaimana pengguna akan menerima peringatan atau wawasan berdasarkan informasi yang dibagikan. Terlepas dari itu, langkah ini menandakan fokus Samsung yang semakin besar pada kesehatan dan kebugaran dalam ekosistemnya.

(jsn/fay)

Membagikan
Exit mobile version