Jumat, Oktober 25


Jakarta

Kia EV9 dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia tahun 2024 dalam ajang World Car Awards 2024 di New York International Auto Show.

Juri yang memilih pemenang terdiri dari 100 jurnalis otomotif internasional terkemuka dari 29 negara. Kia EV9 dipilih dari daftar entri awal 38 kendaraan dari seluruh dunia hingga menjadi tiga finalis bersama BYD Seal dan Volvo EX30.

Kemenangan ini menjadi yang keempat bagi Kia dalam sejarah 20 tahun World Car Awards. Lantas, seperti apa spesifikasi EV9?


Spesifikasi Kia EV9

Kia EV9 dibekali platform Electric Global Modular Platform (E-GMP). Mengutip arsip detikOto, mobil listrik ini memanfaatkan teknologi baterai generasi keempat Kia.

Pada model standar penggerak roda belakang (RWD), baterai 76,1 kWH ditawarkan secara eksklusif. Di samping itu, ada juga pilihan baterai 99,8 kWh untuk varian RWD Long Range dan Penggerak Semua Roda (AWD).

Model RWD Long Range yang mempunyai roda 19 inci dan bateri 99,8 kWH menawarkan perkiraan jangkauan lebih dar 541 km, menurut WLTP (Worldwide Harmonized Light vehicles Test Procedure). Kia juga menyediakan sistem pengisian daya ultra cepat 800 volt. Dalam waktu cas 15 menit, mobil sudah bisa melaju sejauh 239 km.

Varian AWDnya dilengkapi dua motor listrik yang menghasilkan total 283 kW dengan torsi gabungan 600 Nm. Kedua motor listrik di depan dan belakang tersebut membuat Kia EV9 bisa melesat 0-100 km/jam dalam 6 detik.

Sementara itu, RWD Long Rangenya menggunakan motor listrik bertenaga maksimal 150 kW dengan torsi maksimal 350 Nm. Hal tersebut memberikan SUV ini kemampuan berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 9,4 detik. Sedangkan, versi standar RWD memiliki tenaga 160 kW dengan torsi 350 Nm dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,2 detik.

Interior Lapang

Pada bagian dalam mobil, Kia EV9 menghadirkan interior yang lapang berkat platform E-GMP terbaru. Hal tersebut memungkinkan penumpang mengatur tempat duduk yang fleksibel dan lapang.

Menariknya, jok baris kedua bisa diputar. Sehingga, penumpang baris kedua dan ketiga bisa berhadap-hadapan.

“Kami ingin memberikan konsumen kami kebebasan berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain (berkat swivel seats/jok berhadap-hadapan),” kata Head of Kia Global Design Center dalam konferensi pers peluncuran Kia EV9, mengutip berita detikOto sebelumnya.

Fitur Canggih

Kia EV9 dibekali berbagai fitur canggih, seperti HDP, ADAS, hingga Digital Key. Berikut fungsi dari fitur tersebut.

1. Highway Driving Pilot (HDP)

Kia EV9 dirancang dengan sistem otonom level 3 berkat sistem Highway Driving Pilot (HDP). Ada 15 sensor, termasuk dua Lidar yang memungkinkannya memindai dan mendeteksi objek dalam bidang pandang 360 derajat penuh. Sehingga, perangkat ini mampu mendeteksi dan bereaksi terhadap jalan dan pengguna lain agar mencegah potensi tabrakan.

2. Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)

Ada pula sistem Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), termasuk Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2). Teknologi tersebut memungkinkan mobil memarkir sendiri tanpa campur tangan pengemudi.

3. Smart Cruise Control (NSCC) dan Highway Driving Assist 2 (HDA 2)

Terdapat Smart Cruise Control (NSCC) berbasis Navigasi yang memastikan berkendara aman di jalan raya dan jalan khusus mobil. Sementara itu, Highway Driving Assist 2 (HDA 2) memungkinkan mobil berpindah lajur dan menggunakan sensor hands-on detection (HOD) untuk memastikan keterlibatan pengemudi.

4. Digital 2 Key

Digital 2 Key menggunakan teknologi Ultra-Wide Band (UWB). Fitur ini dapat digunakan untuk membuka dan menghidupkan mobil menggunakan smartphone, bahkan saat kuncinya ada di saku atau tas.

Itulah informasi mengenai mobil terbaik di dunia tahun 2024 yang diraih Kia EV9. Tertarik untuk memiliki mobil yang satu ini?

(elk/row)

Membagikan
Exit mobile version