
Jakarta –
Isuzu Elf terbakar di Tol Pandaan-Malang. Kebakaran diduga disebabkan oleh mesin overheat. Kenali penyebab mesin mengalami overheat.
Isuzu Elf terbakar di Tol Pandaan-Malang KM 64.400. Kobaran api dengan cepat membesar hingga lalu lintas di sekitar disetop sementara. Sempat pula dilakukan pengalihan arus kendaraan ke arah exit tol Pandaan Taman Dayu. Dikutip detikJatim, kebakaran Isuzu Elf berkelir kuning itu disebabkan oleh mesin yang overheat.
“Penyebab kebakaran overheat,” kata Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Deni Eko Prasetyo.
Saat ini kebakaran mobil sudah dikendalikan. Namun mobil tak lagi bisa diselamatkan. Elf tersebut hanya tersisa rangka. Untuk diketahui, overheat pada mesin memang bisa memicu terjadinya kebakaran. Mengutip laman How Stuff Works, sebenarnya mesin mobil yang terlalu panas mungkin tidak langsung memicu api. Tapi, yang biasanya terjadi adalah, mesin yang terlalu panas membuat cairan internal seperti oli dan cairan pendingin naik ke suhu berbahaya dan mulai keluar dari area sirkulasi.
Ketika itu terjadi, cairan itu akan menetes dan menyembur ke seluruh ruang mesin dan ke sistem pembuangan. Cairan panas itu bisa merambat ke beberapa bagian yang dapat dengan mudah menyala api dan menyebar.
Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui penyebab mesin overheat untuk mencegah hal yang tak diinginkan. Dikutip dari situs resmi Auto2000, setidaknya ada empat penyebab mesin overheat, sebagai berikut.
Penyebab Mesin Overheat
1. Tutup Radiator Rusak
Radiator cap (tutup) radiator yang sudah rusak tidak akan mampu lagi mengatur tekanan di dalam radiator sehingga terjadilah mesin overheat. Selain itu, cap radiator juga harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan karena kalau tidak maka valve di cap radiator tidak akan terbuka saat tekanan radiator tinggi yang diakibatkan suhu mesin yang panas. Hal ini juga akan menyebabkan engine overheat karena sirkulasi coolant tidak akan bekerja maksimal.
2. Motor Fan Rusak atau Mati
Untuk mendinginkan radiator, butuh sirkulasi udara yang baik dan ini dihasilkan oleh motor fan. Namun jika motor fan rusak atau mati, maka aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator akan terganggu. Akibatnya, suhu mesin akan tetap panas karena coolant tidak mampu mendinginkan suhu mesin. Hasilnya, temperatur di ruang bakar mesin selalu panas dan bisa menyebabkan mesin overheat.
3. Air Radiator Habis
Air radiator bisa habis karena penguapan yang diakibatkan suhu mesin yang panas atau bisa juga karena adanya kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini akan menyebabkan sistem sirkulasi di radiator tidak bekerja maksimal. Kalau air radiator menjadi sedikit, bahkan sampai habis, maka suhu di mesin tidak akan bisa didinginkan dan terjadilah mesin overheat.
4. Radiator Bocor
Radiator bocor umumnya disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator. Ini bisa terjadi karena radiator diisi bukan menggunakan air radiator (coolant). Alhasil, kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam akan memicu terjadinya reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Akibat korosi radiator bisa terkikis dan terjadilah kebocoran. Ketika mengalami kebocoran, coolant akan terbuang sehingga menjadi tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin dan jika dibiarkan maka akan terjadi overheat.
Simak Video “Konvoi Remaja Main Petasan Bikin Mobil Terbakar di Jakbar, Polisi Bertindak“
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)