Sabtu, September 14


Jakarta

Istri eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mengumumkan dirinya positif COVID-19. Meski tidak merinci pasti kondisi gejala yang dialami, ia berpesan pada masyarakat yang mengeluhkan sejumlah keluhan termasuk pilek dan batuk.

“Bagi yang sedang sakit apapun (batuk, demam, influenza like illness (flu) dan lain-lain, gunakanlah masker dan tetap jaga jarak, supaya tidak menularkan ke orang lain,” pesan dia dalam postingan akun Instagramnya, Jumat (30/8/2024).

[Gambas:Instagram]


Atalia bersyukur sejauh ini suami disebutnya tidak ikut tertular COVID-19. “Masya Allah, padahal sampai pagi kami sedekat itu, tapi hanya saya yang positif,” lanjut Atalia.

Dirinya juga berpesan agar tidak lupa menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, hingga rajin mencuci tangan.

“Dan jangan lupa be happy. Semoga sehat-sehat semua,” tandasnya.

Penularan COVID-19

Sebagai gambaran, COVID-19 umumnya menular melalui droplet atau percikan air liur saat melakukan kontak dekat. Bila kontak dengan orang positif COVID-19, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri saat mengeluhkan gejala.

Gejala COVID-19 bisa saja baru muncul lima hari setelah pertama kali terpapar, mengingat masa inkubasi berada di rentang satu hingga 14 hari. Karenanya, saat menyadari kontak dengan orang positif COVID-19, disarankan untuk segera melakukan tes dan tetap memakai masker bila hasilnya negatif dan nihil gejala, hingga lebih dari dua pekan.

(naf/suc)

Membagikan
Exit mobile version