Senin, Oktober 21


Jakarta

Iring-iringan Presiden Prabowo Subianto menarik perhatian. Kalau biasanya iring-iringan RI 1 bernuansa hitam, namun saat konvoi Prabowo warna putih mendominasi.

Ada yang beda dari konvoi Presiden Prabowo Subianto saat menuju Istana Merdeka. Konvoi Prabowo terlihat didominasi warna putih. Dari total delapan mobil yang berada di iring-iringan semuanya menggunakan warna putih. Mulai dari mobil pengawal di depan dan belakang , mobil kepresidenan ‘Indonesia 1’, dan beberapa kendaraan lainnya semuanya menggunakan warna serba putih.

Menariknya, Prabowo juga menggunakan mobil kepresidenan yang berbeda dari presiden sebelumnya. Prabowo menumpangi MV3 Garuda Limousine garapan PT Pindad. MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden RI, Prabowo Subianto.


“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya. Selamat atas pelantikan Bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia,” kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dalam keterangan resminya.

Jika diperhatikan, ini berbeda dari rombongan Presiden ke-7 Joko Widodo saat masih memimpin mulai dari mobil pengawal hingga mobil kepresidenan menggunakan warna serba hitam. Dari kendaraan pengawal di depan, hingga mobil kepresidenan juga serba hitam.

Seperti terlihat saat rombongan Jokowi hendak menuju ke pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR/DPR. Jokowi menumpangi sedan Mercedes-Benz S680 berkelir hitam dengan pelat ‘Indonesia 1’. Mobil pengawal di depan dan belakang juga sepenuhnya berwarna hitam.

Rombongan Presiden Jokowi serba hitam. Foto: Pradita Utama

Di sisi lain, mobil kepresidenan di dunia memang identik dengan warna hitam. Warna gelap itu selalu digunakan di kendaraan darat yang membawa petinggi sebuah negara. Mengutip laman Top Gear, dalam psikologi warna, hitam berkonotasi kepada kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas lainnya. Warna hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas.

Karena representasi makna warna yang sesuai untuk pemimpin negara tersebut, kebanyakan mobil presiden hadir dengan warna hitam. Bahkan, di Amerika Serikat, mobil kepresidenan termasuk semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam.

Warna hitam juga menjadi cara untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version