Kamis, Mei 16

Jakarta

Perdebatan soal mana yang terbaik antara iPhone dan Android sudah terjadi sejak lama. Tak ada yang salah, sebab kebutuhan dan preferensi tiap orang berbeda-beda. Toh, baik iOS 17 maupun Android 14 menawarkan sistem operasi yang smooth dan user-friendly.

Melansir Toms Guide, berikut ini sejumlah keunggulan dari masing-masing. Kalau kamu, lebih suka pakai iPhone atau Android nih, detikers?

Keunggulan iPhone

Pertama, Apple memberikan ekosistem yang luas dan memudahkan penggunanya. Kalau sudah punya iMac, iPad atau Apple Watch, menggunakan iPhone juga adalah keputusan yang ideal.


Apple pun telah menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna mengerjakan berbagai tugas dari satu perangkat ke perangkat lain untuk menghemat waktu. Misalnya Continuity Camera yang memungkinkan kamu mengambil gambar dan memindai dokumen menggunakan kamera iPhone, kemudian kamu bisa melihat juga mengeditnya di Mac.

Paling utama, tidak ada bloatware. Tidak peduli bagaimana kamu membeli iPhone dan di mana kamu membelinya, kamu tidak akan melihat bloatware apa pun yang terinstal saat boot untuk pertama kali. Artinya, sistem ini bersih sejak awal, tanpa aplikasi yang menyedot daya.

Selanjutnya, kecuali Google Pixel, update iOS lebih cepat. Versi terbaru iOS juga bisa langsung diinstall semua model yang support.

Keunggulan Android

Tim Android biasanya enggan berpindah ke ekosistem Apple karena sudah nyaman dengan keunggulan yang dimiliki Android. Satu, Android hadir dengan berbagai rentang harga. HP harga Rp 1 jutaan bahkan sudah bisa dimiliki untuk kebutuhan simpel seperti untuk menunjang aktivitas anak sekolahan. Begitu pula untuk profesional, kamera dan fitur yang dihadirkan HP Android high-end juga sudah mupuni.

Kemudian, Android bisa di-custom. Contohnya dari home screen yang menawarkan widget dinamis. Kamu pun dapat mengganti launcher ponsel Android dengan launcher alternatif yang diunduh dari Google Play Store.

Ketiga, storage bisa ditambahkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kamu bisa menambahkan microSD untuk menyimpan foto dan aplikasi yang sudah tidak muat di memori internal.

Paling utama, fitur-fitur inovatif biasanya hadir terlebih dahulu di HP Android. Akibatnya, iOS bisa lebih lambat dalam beradaptasi dengan aplikasi terbaru.

Jadi, itu dia kelebihan masing-masing dari iPhone dan Android. Adakah yang ingin kamu tambahkan? Bisa loh, sharing pendapat kamu di kolom komentar.

Simak Video “Lebih Awet Mana, iPhone atau HP Android?
[Gambas:Video 20detik]

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version