Sabtu, Oktober 5

Jakarta

iPhone SE 4 diramal akan rilis pada awal tahun 2025. Menurut bocoran terbaru, iPhone murah generasi keempat ini akan membawa tiga fitur iPhone flagship generasi sebelumnya.

Bocoran ini datang informan 9to5Mac yang tidak disebutkan namanya. Mereka mengatakan iPhone SE 4 akan hadir dengan desain ala iPhone 14, kamera iPhone 15, chipset yang sama seperti iPhone 16, dan modem 5G buatan Apple.

Desain baru iPhone SE 4 yang lebih modern sudah lama dirumorkan dan bocoran kali ini semakin memperkuat rumor tersebut. Sumber 9to5Mac mengatakan iPhone SE 4, dengan nama kode V59, akan memiliki sisi yang flat atau datar dengan layar OLED dan notch di bagian atas.


Resolusi layar iPhone SE 4 diklaim sama seperti iPhone 14 standar yaitu 1170 x 2532 pixel. Apple juga akan menghadirkan Face ID di iPhone SE 4, mengakhiri era Home Button dengan Touch ID di iPhone. Namun, Dynamic Island masih akan jadi fitur eksklusif untuk iPhone premium.

Rumor sebelumnya mengatakan Apple ingin membuat iPhone SE 4 kompatibel dengan Apple Intelligence. Untuk mewujudkan hal ini, iPhone SE 4 diklaim akan mengusung chipset A18 yang sama seperti iPhone 16/iPhone 16 Plus dan RAM 8GB.

Beralih ke kamera, iPhone SE 4 akan meminjam spesifikasi kamera iPhone 15/iPhone 15 Plus dengan kamera utama 48 MP dan kamera depan 12 MP, masih tanpa kehadiran lensa ultrawide atau telephoto. Tapi Apple kemungkinan akan mempromosikan kamera iPhone SE 4 mampu mengambil foto dengan ‘optical’ zoom 2x.

Fitur iPhone SE 4 yang akan jadi sorotan adalah modem 5G pertama buatan Apple. Perusahaan yang dipimpim Tim Cook ini mengakuisisi bisnis modem Intel pada tahun 2019 untuk menggantikan modem Qualcomm di iPhone, namun hingga saat ini prototipe buatan mereka belum ada yang berhasil.

Setelah cukup lama dinanti, modem 5G buatan Apple sepertinya siap dipasarkan. Sumber 9to5Mac mengatakan modem ini memiliki kode ‘Centauri’ yang juga bisa menangani jaringan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS, seperti dikutip detikINET, Sabtu (5/10/2024).

Proyek modem ini cukup ambisius, dan kabarnya model baru buatan Apple akan bisa mengurangi konsumsi baterai secara drastis terutama saat pengguna mengaktifkan Low Power Mode di iPhone. Modem ini akan debut di iPhone SE 4 sebagai eksperimen sebelum dibawa ke model iPhone lainnya.

iPhone SE 4 kembali dikabarkan akan rilis pada musim panas tahun 2025. Ponsel ini kemungkinan akan mengalami kenaikan harga, dengan bocoran harga dari analis di kisaran USD 459 sampai USD 499.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version