Senin, Juli 8

Jakarta

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat ponsel yang umurnya belum 10 tahun jadi barang usang. Itulah yang terjadi pada iPhone X yang baru saja ditetapkan Apple sebagai barang antik.

Menurut pantauan MacRumors, Apple baru saja memasukkan iPhone X ke dalam daftar produk vintage (antik) dan obsolete (usang). Selain iPhone X ada juga TWS AirPods generasi pertama dan speaker pintar HomePod generasi pertama yang masuk dalam daftar produk vintage.

Produk Apple masuk dalam daftar vintage jika produk itu terakhir dijual secara resmi lima sampai tujuh tahun yang lalu. Produk ini masih bisa diperbaiki oleh Apple Store dan Apple Authorized Service Provider asal komponennya masih tersedia.


iPhone X sendiri pertama kali diumumkan pada 12 September 2017 dan mulai dijual pada 3 November 2017. Ponsel ini berhenti dijual pada 12 September 2018 setelah Apple merilis iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

iPhone X diluncurkan untuk menandai ulang tahun iPhone yang ke-10. Tidak mengherankan jika ponsel ini membawa sejumlah inovasi seperti layar Super Retina OLED, layar yang lebih luas setelah tombol Home serta bezel bagian atas dan bawah dihilangkan, Face ID yang menggantikan Touch ID, dan masih banyak lagi.

iPhone X turut ditenagai chip A11 Bionic yang dilengkapi dengan Neural Engine untuk pertama kalinya untuk meningkatkan kemampuan machine learning, serta dilengkapi dukungan wireless charging, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (2/7/2024).

Perangkat lainnya yang masuk dalam daftar produk vintage adalah AirPods generasi pertama yang diumumkan pada 7 September 2016. AirPods langsung menjadi standar baru untuk perangkat audio wireless karena desainnya yang compact dan integrasi dengan ekosistem Apple berkat chip W1.

Terakhir ada speaker pintar HomePods yang juga masuk dalam daftar produk antik. Perangkat ini pertama kali diumumkan pada 5 Juni 2017 di ajang WWDC. HomePods dirancang untuk menghadirkan audio berkualitas tinggi dengan integrasi Apple Music dan AirPlay serta Siri untuk memudahkan kontrol playback dengan suara.

Setelah menjadi produk vintage atau antik, perangkat Apple biasanya akan digolongkan sebagai produk obsolete atau usang jika produk itu terakhir dijual lebih dari tujuh tahun yang lalu. Apple Store dan Apple Authorized Service Provider tidak bisa lagi memperbaiki produk yang sudah usang.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version