Sabtu, September 28


Jakarta

Investor asing mulai masuk ke proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur jelang masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakkhir 20 Oktober nanti. Investor asing tersebut berasal dari 3 negara yaitu China, Rusia, dan Australia.

Investor tersebut sudah melakukan groundbreaking di IKN satu bulan jelang berakhirnya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah Perusahaan properti asal China, Delonix Group menjadi investor asing pertama yang membuka proyeknya di ibu kota baru.

Investasi Delonix murni tanpa bermitra dengan perusahaan lokal, dan akan membangun proyek kawasan mix use Delonix Nusantara di atas luas lahan 24.000 meter persegi. Di dalamnya akan banyak pembangunan properti, mulai dari hotel, service apartment, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan pusat olahraga serta kebugaran.


Jokowi langsung yang meresmikan groundbreaking proyek senilai Rp 500 miliar tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan Delonix merupakan perusahaan asing yang menjadi perintis untuk berinvestasi di IKN. Diharapkan masuknya Delonix dapat menarik minat investor lainnya.

“Delonix masuk sebagai perusahaan asing perintis yang berinvestasi di IKN. Ini akan berikan dampak kepercayaan bagi investor lain masuk ke Ibu Kota Nusantara,” ungkap Jokowi dalam groundbreaking yang ditayangkan virtual, dikutip Sabtu (28/9/2024).

Jokowi juga mengatakan pengalaman Delonix di sektor properti sudah tak perlu diragukan lagi. Delonix sejauh ini telah mengoperasikan beragam portofolio yang mencakup 9 merek inti hotel dan resort ternama dan lebih dari 1600 properti hotel di berbagai negara.

“Delonix Nusantara akan berkembang pesat di IKN dan jadi bagian kemajuan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia,” pungkas Jokowi.

Selain Delonix, ada dua proyek yang bermitra dengan investor asing. Ada Magnum Investment yang membangun kawasan hunian mewah Magnum Nusantara Resort yang bekerja sama dengan investor Rusia. Lalu, ada Australia Independent School yang membangun fasilitas pendidikan terintegrasi dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas.

Jokowi menyatakan masuknya investasi asing menunjukkan bahwa Nusantara merupakan tempat yang menarik untuk melakukan bisnis. Pelaku bisnis sudah percaya dengan pembangunan IKN yang dibesut olehnya.

“Investasi asing sudah masuk ke Ibu Kota Nusantara. Ini menunjukkan kepercayaan dari investasi baik lokal, domestik, maupun internasional bahwa Nusantara memang menjadi tempat yang sangat menarik untuk berinvestasi,” tegas Jokowi usai Groundbreaking Delonix Nusantara.

(ily/hns)

Membagikan
Exit mobile version