Selasa, Oktober 8


Jakarta

Investasi swasta di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur sudah menyentuh Rp 58 triliun. Itu merupakan akumulasi dari total 8 kali rangkaian groundbreaking proyek swasta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi total investasi yang sudah masuk Rp 58 triliun di IKN. Menurutnya, investasi itu sudah cukup besar, meskipun sebenarnya masih jauh dari target Rp 100 triliun di akhir 2024.

“Tapi angkanya udah gede banget kok. Duit gede lho Rp 58 triliun,” tegas Jokowi ditemui di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).


Meski masih cukup jauh dari target, Jokowi bilang optimisme harus tetap ditegakkan agar target investasi Rp 100 triliun bisa dicapai. Namun, menurutnya urusan investasi di IKN memang tak bisa buru-buru, pemerintah harus tetap melakukan seleksi terhadap minat investasi yang masuk.

Dia mengatakan tidak semua bisa masuk IKN. Investasi yang berkualitas lah yang dicari pemerintah di IKN.

“Serius ndak? Kalau serius baru diberi peluang. Kita memang memilih, jadi nggak semua boleh masuk semua boleh investasi. Harus diseleksi, sehingga memang bener baru Rp 58 triliun,” ungkap Jokowi.

Angka realisasi investasi Rp 58 triliun sendiri diungkapkan langsung sebelumnya oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga merupakan Plt. Kepala Otorita IKN. Tepatnya, dia memaparkan hingga saat ini sudah ada investasi senilai Rp 58,4 triliun masuk ke IKN. Jumlah sebesar itu dikumpulkan dari total 8 kali rangkaian groundbreaking yang dilakukan di IKN sejak setahun yang lalu.

“Yang ke-7 kemarin kan ada Rp 56 triliun kan? Nah ini dengan ke-8 terakhir kemarin jadi Rp 58,4 triliun,” ujar Basuki di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Minggu (6/10/2024).

Simak juga Video ‘Jokowi Sebut Investasi ke IKN Sudah 56,2 T, 55 Bangunan Groundbreaking’:

[Gambas:Video 20detik]

(hal/kil)

Membagikan
Exit mobile version