Minggu, Mei 12

Jakarta

Intel sedang mempersiapkan konstruksi pabrik semikonduktor terbarunya di Jerman. Tapi persiapan itu dikejutkan dengan penemuan kuburan purba yang berusia ribuan tahun.

Arkeolog yang bekerja di lokasi pabrik Intel di Jerman menemukan dua gundukan kuburan prasejarah. Lokasi pabrik itu berada di Magdeburg, yang berjarak sekitar 160 km dari Berlin.

Kawasan industri seluas 300 hektar itu diperiksa oleh Kantor Negara untuk Pengelolaan Warisan dan Arkeologi Saxony-Anhalt (LDA), dan mereka menemukan dua ruangan kayu berusia sekitar 6.000 tahun yang berisi tulang belulang manusia dan hewan.


LDA menjelaskan ada dua ruang pemakaman berbentuk trapesium yang terbuat dari kayu, masing-masing memiliki panjang 20 dan meter. Dua ruang pemakaman ini berjarak 200 meter, dan diperkirakan dibangun oleh orang Baalberg yang menguasai wilayah Jerman Tengah antara tahun 4100 sampai 3600 sebelum Masehi.

Hasil investigasi LDA mengindikasikan koridor di antara kedua gundukan dibangun untuk prosesi ritual sekitar tahun 3300 sampai 2800 SM. Dari gambar di bawah ini, di mana ada satu kerangka manusia di bagian depan, diperkirakan sebagai bukti adanya ‘chariot grave’ atau kuburan kereta.

Kuburan purba di lokasi pabrik Intel Foto: Oliver Dietrich, State Office for Heritage Management and Archaeology Saxony-Anhalt

Jenis penguburan dari zaman Neolitik ini ditandai dengan satu orang yang dikuburkan di bagian depan bersama hewan ternak yang dikorbankan untuk memberikan gambaran pedati dan pengendaranya atau bajak yang ditarik oleh hewan ternak.

Para arkeolog mengatakan kerangka manusia tersebut berasal dari seorang pria berusia antara 35 sampai 40 tahun, dan hewan ternaknya berusia sekitar 2-3 tahun saat dikorbankan, seperti dikutip dari Tom’s Hardware, Selasa (26/3/2024).

Belum diketahui apakah proyek konstruksi pabrik Intel akan terhambat akibat penemuan ini. Namun pernyataan resmi LDA tidak menyebutkan ada potensi penundaan karena proses riset dan penggalian dijadwalkan selesai pada bulan April tahun ini.

LDA mengatakan temuan ini merupakan hal yang spektakuler tapi tidak terlalu mengejutkan. Di kawasan industri yang datar tersebut terdapat gunungan pemakaman yang membentuk bukit kecil yang disebut Eulenberg. Ciri-ciri geografis seperti itu sering kali diketahui sebagai buatan manusia.

Simak Video “Rencana Intel Rambah Sektor Otomotif Lewat AI
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version