Rabu, September 18


Jakarta

Presiden Joko Widodo memberikan instruksi khusus terkait pencegahan penyebaran Mpox di Indonesia. Ini juga merupakan salah satu bagian dari kesiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) yang akan dihelat di Bali pada 1-3 September.

Ia menginstruksikan untuk meningkatkan pengawasan kesehatan di pintu-pintu kedatangan internasional. Ini nantinya akan dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan dan lembaga serta kementerian lain yang terlibat.

“Saya menginstruksikan semua untuk meningkatkan pengawasan kesehatan di pintu-pintu masuk kedatangan Internasional,” kata Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial X, Selasa (27/8/2024).


“Langkah ini tidak hanya dari Kementerian Kesehatan saja, tetapi juga dilakukan oleh kementerian/lembaga lainnya,” sambungnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Mpox sebagai darurat kesehatan global. Status tersebut sebelumnya diketahui sempat diberikan pada COVID-19 ketika pandemi beberapa tahun yang lalu.

Berdasarkan pengalaman penanganan pandemi COVID-19 itu, Presiden Jokowi berharap langkah tersebut bisa menjadi acuan pencegahan penyebaran Mpox pada saat ini.

“Pengalaman pandemi COVID yang lalu, bisa dijadikan rujukan sehingga saya minta segera untuk dibuat protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif,” tandasnya.

(avk/kna)

Membagikan
Exit mobile version