Selasa, Oktober 1


Jakarta

Insiden yang melibatkan Marc Marquez vs Franscesco Bagnaia di MotoGP Portugal jadi sorotan. Siapa yang salah dari insiden tersebut?

Marc Marquez memiliki catatan positif saat melakoni MotoGP Portugal. Terlebih saat Sprint Race, untuk pertama kalinya ‘The Baby Aliens’ meraih podium di atas Ducati Desmosedici GP23. Sayang, Marquez tak bisa melanjutkan tren positif di balapan utama.

Beberapa lap jelang balapan berakhir, Marquez mengalami insiden dengan Francesco Bagnaia. Marquez dan Bagnaia mengalami kontak di tikungan lima. Marquez sudah berhasil menyalip Bagnaia, namun bersenggolan lagi ketika Bagnaia masuk dari sisi dalam. Keduanya crash hingga keluar dari aspal saat balapan menyisakan tiga putaran lagi. Bagnaia stop balapan. Dia masuk ke pit. Sedangkan Marquez masih lanjut balapan. Lalu siapa yang salah dari insiden tersebut?


Dari sisi Marquez, dia menilai insiden itu murni kecelakaan saat balap. Hanya dirinya tak menyangka Bagnaia melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan.

“Itu merupakan kesalahan tak terduga dari Pecco. Saya melihat itu, saat Acosta menyalip dia yang mulai kehabisan ban dan masih tersisa tiga lap. Kami bertarung memperebutkan posisi lima atau enam, dua poin naik atau turun, dan ketika Anda mulai kehabisan ban, Anda tahu kalau tidak di tikungan ini, mereka akan menyalip Anda di tikungan berikutnya,” beber Marquez dilansir Motosan.

“Tapi dia ingin menyalip balik saya, sedikit optimis dalam kondisi terbatas, pada akhirnya kami berakhir di gravel. Tapi hei, pada kejadian ini memang lumrah terjadi saat balapan,” lanjut Marquez.

Marquez mengungkap setelah balapan usai, steward memanggil dirinya untuk menjelaskan insiden tersebut ke Race Direction. Menurutnya kejadian tersebut sangat dekat ke insiden balap.

“Mereka harus memutuskan apakah ini penalti atau bukan, dan memutuskan bukan. Saya bilang ke mereka saya dalam posisi netral, dan saya menghormati keputusan tersebut dan tidak akan memaksa. Tapi pada akhirnya konsekuensi yang kami terima nol poin,” katanya lagi.

Adapun menurut Bagnaia, insiden itu terjadi saat Marquez berusaha menyalip namun dia melebar. Bagnaia pun kembali ke racing line dan keduanya bersenggolan.

“Sesuatu yang membuat saya marah. Tapi itu normal. Ini insiden balap dan kami harus segera move on,” ujar rider Ducati Lenovo tersebut.

Simak Video “Ketika Pedro Acosta Bikin Repot Marquez-Bagnaia-Vinales
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version