Senin, Juli 8


Jakarta

Seni gua tertua di dunia telah ditemukan. Berlokasi di Indonesia, lukisan yang dihasilkan menunjukkan hubungan antara manusia dan babi.

Mengutip BBC, Kamis (4/7/2024), karya tertua dari seni gua figuratif telah ditemukan di Pulau Sulawesi, Indonesia, oleh para ilmuwan Australia dan Indonesia.

Lukisan seekor babi hutan dan tiga figur yang mirip manusia itu berusia setidaknya 51.200 tahun. Umurnya lebih dari 5.000 tahun lebih tua dari seni gua tertua sebelumnya.


Penemuan ini mendorong kembali ke masa ketika manusia modern pertama kali menunjukkan kapasitas untuk berpikir kreatif.

Prof Maxime Aubert dari Griffith University di Australia mengatakan bahwa penemuan ini akan mengubah pemikiran tentang evolusi manusia.

“Lukisan ini menceritakan sebuah kisah yang kompleks. Ini adalah bukti tertua yang kita miliki untuk bercerita. Ini menunjukkan bahwa manusia pada saat itu memiliki kapasitas untuk berpikir secara abstrak,” katanya.

Lukisan ini merupakan contoh seni representasional paling awal yang telah diketahui (Foto: BBC)

Lukisan ini menunjukkan seekor babi yang berdiri diam dengan mulutnya yang terbuka sebagian dan setidaknya tiga figur yang mirip manusia.

Figur manusia terbesar memiliki kedua tangan terentang dan tampak memegang tongkat. Sosok kedua berada tepat di depan babi dengan kepala di samping moncongnya.

Sosok ini juga tampak memegang tongkat, yang salah satu ujungnya mungkin bersentuhan dengan tenggorokan babi.

Sosok terakhir yang mirip manusia, tampak terbalik dengan kaki menghadap ke atas dan terentang ke luar. Satu tangannya menggapai ke arah dan tampaknya menyentuh kepala babi.

Tim ilmuwan tersebut dipimpin oleh Adhi Agus Oktaviana, seorang ahli seni cadas dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dia mengatakan bahwa bercerita merupakan bagian penting dari budaya manusia purba di Indonesia sejak awal.

“Manusia mungkin telah bercerita lebih dari 51.200 tahun, tetapi karena kata-kata tidak menjadi fosil, kita hanya bisa menggunakan proksi tidak langsung seperti penggambaran adegan dalam seni, dan seni Sulawesi adalah bukti tertua sejauh ini yang diketahui oleh arkeologi,” katanya.

Seni gua tertua di duniaSeni gua tertua di dunia (Foto: BBC)

Karya tertua sebelumnya ditemukan di bebatuan di Gua Blombos di Afrika selatan dan berasal dari antara 75.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Namun itu hanya berupa pola-pola geometris.

Hingga 10 tahun yang lalu, satu-satunya bukti seni gua kuno ditemukan di tempat-tempat seperti Spanyol dan Prancis Selatan.

Hal ini membuat beberapa orang percaya bahwa ledakan kreatif yang menghasilkan seni dan ilmu pengetahuan yang kita kenal sekarang dimulai di Eropa.

Namun, penemuan garis-garis tangan manusia berwarna di Sulawesi Selatan pada tahun 2014 mematahkan pandangan tersebut.

Kemudian pada November 2018, di gua Lubang Jeriji Saléh di Pulau Kalimantan, Indonesia, para ilmuwan menemukan karya seni representasional tertua, yang diperkirakan berusia lebih dari 40.000 tahun, dari seekor hewan yang tidak dikenal.

Prof Adam Brumm dari Griffith University mengatakan bahwa penemuan seni gua terbaru di Indonesia ini memberikan cahaya baru pada peran penting dari cerita dalam sejarah seni.

(msl/wsw)

Membagikan
Exit mobile version