Jumat, Oktober 11


Jakarta

Foto bawah air yang menakjubkan dengan fokus pada kecebong telah menjadi juara. Kompetisinya Wildlife Photographer of the Year 2024.

Mengutip CNN, Jumat (10/10/2024), foto pemenang berjudul “The Swarm of Life” karya jurnalis foto asal Kanada, Shane Gross. Karya itu dipilih dari 59.228 foto yang memecahkan rekor, demikian menurut pernyataan dari pihak penyelenggara.

“Shane mengabadikan foto tersebut saat bersnorkel selama beberapa jam melalui hamparan bunga teratai di Danau Cedar di Pulau Vancouver, British Columbia. Ia memastikan untuk tidak mengganggu lapisan lumpur dan ganggang halus yang menutupi dasar danau,” ujar pihak penyelenggara.


“Kodok barat adalah spesies yang hampir terancam punah akibat perusakan habitat dan predator. Kecebong ini memulai masa transisi menjadi kodok antara empat hingga dua belas minggu setelah menetas, tetapi diperkirakan 99% di antaranya tidak akan bertahan hidup hingga dewasa,” imbuhnya.

Ketua dewan juri Kathy Moran, mantan wakil direktur fotografi majalah National Geographic, mengatakan bahwa para juri terpukau dengan perpaduan cahaya, energi, dan keterkaitan antara lingkungan dan kecebong tersebut.

Pemenang kategori lain (Foto: Wildlife Photographer of the Year)

Sementara itu penghargaan Young Wildlife Photographer of the Year diberikan kepada Alexis Tinker-Tsavalas untuk “Kehidupan di Bawah Kayu Mati,” sebuah gambar komposit close-up dari 36 foto jamur lendir dan springtail, sejenis arthropoda kecil.

“Seorang fotografer yang mencoba mengabadikan momen ini, tidak hanya memiliki keterampilan yang hebat, tetapi juga perhatian yang luar biasa terhadap detail, kesabaran dan ketekunan,” kata Moran dalam pernyataannya.

“Untuk melihat gambar makro dari dua spesies yang difoto di lantai hutan, dengan keterampilan seperti itu, sungguh luar biasa,” katanya.

Foto: Wildlife Photographer of the Year 2024

Dua pemenang utama ini dipilih dari 18 pemenang kategori, yang mencakup foto-foto elang yang sedang memakan tupai, seekor lynx yang sedang meregangkan tubuh di bawah sinar matahari, dan elang yang sedang berburu kupu-kupu.

Sebuah pameran yang terdiri atas 100 foto yang telah memenangkan penghargaan akan dibuka di Natural History Museum.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version