Minggu, September 29


Jakarta

Korea Utara mulai berminat dengan kendaraan listrik. Baru-baru ini negara yang dipimpin Kim Jong Un pamer punya mobil listrik dengan nama Madusan EV.

Mobil listrik itu muncul dalam klip video berdurasi sekitar delapan menit. Video itu menyoroti proyek-proyek yang sedang dilakukan Federasi Ekonomi Madusan, sebuah organisasi perdagangan luar negeri Korea Utara yang didirikan pada tahun 2018. Federasi ini digambarkan terlibat dalam berbagai kegiatan perdagangan, termasuk pengembangan zona ekonomi internasional, manajemen energi dan sumber daya, dan bahkan memproduksi smartphone bermerek Madusan, semuanya dengan pendanaan dari Bank Madusan.

Terbaru Madusan Electric Vehicle Technology Exchange, diduga proyek ini bisa mengimpor dan menjual kendaraan listrik melalui kerja sama dengan produsen dan perusahaan layanan kendaraan listrik terkemuka di luar negeri.


Media Korea Selatan melaporkan video mobil tersebut berasal dari video berdurasi hampir delapan menit yang diposting di YouTube pada tanggal 14 Juni. Sementara itu pada bagian pelatnya sudah tertempel merek Madusan.

Nah, dalam video tersebut menampilkan model mobil listrik bermerek Madusan dari Korea Utara yang dikendarai di tengah hujan, dengan klaim jarak tempuh maksimum 720 kilometer untuk sekali pengisian daya.

Dikutip dari Carnewschina, mobil listrik itu disinyalir merupakan rebadge dari BYD Han yang sudah diubah namanya. Fascia naga serta simpul China pada area belakang jadi ciri khas BYD Han yang masih melekat dalam Madusan.

BYD Han Foto: REUTERS/ANNEGRET HILSE

“Kami secara aktif mengimpor dan menjual kendaraan listrik melalui kerja sama dan pertukaran dengan produsen dan perusahaan jasa kendaraan listrik terkenal di luar negeri,” mengutip profil perusahaan Madusan.

Mobil listrik di Korea Utara Foto: Carnewschina

Ini bukan pertama kalinya mobil BYD terlihat di Korea Utara. Pada tahun 2011, terlihat mobil BYD F6 yang digunakan sebagai mobil polisi selama pemakaman Kim Jong-il.

Mobil-mobil Cina juga memiliki sejarah yang lebih panjang di Korea Utara dan beberapa di antaranya telah diproduksi di sana. Pyongwha adalah salah satu perusahaan mobil Korea Utara yang paling sukses.

Kemudian mobil Cina yang diproduksi di Korea Utara berasal dari Shugang, yang kemudian dikenal sebagai Huanghai. Ada lagi dari Brilliance Group, mobil-mobil tersebut termasuk Brilliance BS4. Selanjutnya perakitan van Jinbei, yang diambil basisnya dari Toyota HiAce.

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version