Kamis, Juli 4


Jakarta

Wang Chuanfu selaku Founder, Chairman, dan CEO BYD turut hadir dalam prosesi serah terima 1.000 unit pertama mobil listrik BYD untuk konsumen Indonesia di Jakarta (30/6/2024). Chuanfu merupakan sosok penting yang membuat BYD menjadi raja mobil listrik di dunia.

Wang Chuanfu lahir pada Februari 1966 China. Bersama sepupunya, Lu Xiangyang, Wang Chuanfu membentuk perusahaan BYD, yang merupakan singkatan dari Build Your Dreams’ untuk mencerminkan visi dan misi perusahaan terhadap pemberdayaan dan kemajuan masyarakat dalam membangun mimpi.

Fokus awal mereka bukanlah pada mobil, namun sesuatu yang lebih kecil dan lebih umum, yaitu baterai ponsel. Perjalanannya tak mulus. Tantangan bermunculan, terutama soal keuangan dan persaingan semakin ketat. Kemudian Wang Chuanfu memahami bahwa baterai adalah kunci masa depan yang mendukung energi ramah lingkungan.


Ilustrasi mobil listrik BYD Foto: Dok. BYD

BYD kemudian berkembang pesat menjadi produsen baterai ponsel terbesar di dunia. Dari situ, perusahaan yang berbasis di Shenzen, Guangdong, ini kemudian merambah ke industri baterai kendaraan listrik, hingga akhirnya bisa membuat produk mobil listrik sendiri.

Mobil listrik BYD yang terkenal dengan desainnya yang ramping dan teknologi baterai yang inovatif, mulai menarik perhatian dunia dan diterima konsumen. BYD pun menjadi pemain besar di industri kendaraan listrik dan mampu melampaui penjualan Tesla pada tahun 2022, serta merebut pangsa pasar secara signifikan.

Kesuksesan BYD yang diakui secara global ini juga membuat Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren Buffet, melirik BYD pada 2008 dan melakukan investasi senilai USD 232 juta. Pada saat itu Warren Buffet melihat BYD memiliki potensi untuk menjadi besar dengan inovasi dan kecanggihan teknologinya.

Founder BYD Wang ChuanfuFounder BYD Wang Chuanfu Foto: Dok. BYD Indonesia

Ketika pasar kendaraan listrik (EV) mulai merajai industri otomotif dunia pada tahun 2021, BYD berperan besar di dalamnya. Harga saham meroket dan kepemilikan Berkshire di BYD meningkat hingga USD 7 miliar, membuat investasi awal menjadi 30 kali lipat dari nilai aslinya, hal ini yang menunjukkan laba yang luar biasa dari investasi.

Kesuksesan Wang Chuanfu bersama BYD membuat dirinya didapuk menjadi salah satu anggota pendiri ‘Komite Penasihat Pembangunan Berkelanjutan’ di PBB. Selain itu, atas respons global BYD terhadap iklim, krisis energi, dan masa depan berkelanjutan, ia dianugerahi penghargaan pencapaian seumur hidup ‘Zayed Future Energy Prize’ 2014.

Dalam beberapa tahun terakhir, Wang Chuanfu menjadi salah satu dari ‘The Green 30 for Bloomberg 2020’, dia juga dinobatkan Fortune pada tahun 2020 sebagai salah satu dari 25 pemimpin terbesar dan orang paling berpengaruh di masa pandemi. Forbes China menempatkannya sebagai CEO Terbaik China dalam daftar 50 CEO Teratas tahunan mereka secara konsekutif dari tahun 2022 hingga 2023.

Sejauh ini, BYD telah mengajukan lebih dari 48.000 paten secara global dan lebih dari 30.000 paten secara internasional. BYD memelopori solusi energi baru tanpa emisi dan mengoperasikan kendaraan energi baru di lebih dari 400 kota di lebih dari 70 negara dan wilayah di enam benua. Pada bulan Agustus 2023, BYD menduduki peringkat ke-212 dalam daftar Fortune Global 500.

Simak juga Video: BYD Ramaikan Persaingan Mobil Listrik di IIMS 2024

[Gambas:Video 20detik]

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version