Sabtu, September 14


Jakarta

Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada September 2024 dalam rangka perjalanan apostolik dan kunjungan kenegaraan. Dia rencananya akan menumpangi popemobile atau kendaraan khusus pope dengan basis Pindad Maung.

Disitat dari laman Portal Informasi Indonesia yang dikelola Kemenkominfo, Paus Fransiskus melakukan kunjungan keagamaan dan kenegaraan ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Ada dua karya anak bangsa yang akan dijajalnya selama di sini, yakni bangku kayu yang menjadi singgasana saat misa akbar dan popemobile buatan Pindad yang akan dipakainya berkeliling stadion untuk menyapa umat.


Popemobile buatan Pindad. Foto: Doc. Tangkapan layar.

Kepastian Paus Fransiskus menggunakan popemobile buatan Pindad dibenarkan Ryan Prasastyo selaku Corporate Communication Executive PT Pindad (Persero). Menurutnya, kendaraan tersebut menggunakan basis Maung MV3 Tangguh yang sudah disesuaikan.

“Betul, basis kendaraannya pakai Maung MV3 Tangguh yang sudah dimodifikasi untuk mengakomodir kebutuhan operasional Paus,” ujar Ryan kepada detikOto, Sabtu (1/9).

Sayangnya, ketika ditanya apa saja ubahannya, Ryan belum bisa mengungkapnya. Dia memastikan, detail ubahan akan disampaikan dalam waktu dekat.

“Untuk apa saja ubahannya, nanti kalau sudah ada rilis, kami akan sampaikan ya,” kata dia.

Popemobile buatan Pindad. Foto: Doc. Tangkapan layar.

Jika diperhatikan sekilas, Maung MV3 Tangguh yang disulap menjadi popemobile mengalami banyak ubahan. Mulai dari warnanya yang putih terang, penggunaan atap tambahan, tungkai besi di bagian belakang sebagai pegangan untuk naik kendaraan, dan kursi khusus di bagian sentral yang bisa berputar.

Sebagai catatan, Pindad Maung saat ini hadir dengan tiga varian berbeda, yakni Maung Tangguh, Maung Jelajah, dan Maung Komando. Khusus untuk Maung Tangguh, kendaraan tersebut memang didesain terbuka.

Pindad Maung MV3 Tangguh punya dimensi panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.820 mm. Kendaraan tersebut dibekali mesin turbo diesel 2.200cc dengan daya maksimum 199 HP dan torsi 441 Nm.

[Gambas:Instagram]

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version