Minggu, Oktober 20


Jakarta

Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden Kedelapan Republik Indonesia hari ini, Minggu (20/10/2024). Prabowo sudah berangkat dari rumahnya di Kertanegara, Jakarta, menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI di Kompleks Senayan, Jakarta. Ini mobil yang mengantarkan Prabowo menuju tempat pelantikannya menjadi Presiden Republik Indonesia.

Prabowo tampak masih menggunakan mobil pribadinya saat menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI. Berangkat ke Gedung MPR/DPR/DPD RI, Prabowo menunggangi Toyota Alphard berkelir putih yang biasa dia gunakan untuk kegiatan sehari-harinya.

Toyota Alphard ini menjadi mobil andalan Prabowo dalam beraktivitas. Ketika beraktivitas sebagai Menteri Pertahanan pun Prabowo menggunakan Toyota Alphard berkelir putih ini. Mobil yang mengantarkan Prabowo ke pelantikan presiden juga masih menggunakan pelat nomor Menteri Pertahanan dengan kode 1-00.


Diketahui dari situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor, mobil Alphard yang sering dimanfaatkan Prabowo itu merupakan Alphard keluaran tahun 2018.

Toyota Alphard 2018. Foto: Toyota

Ini merupakan salah satu Alphard tipe tertinggi saat itu, yaitu Alphard 3.5 Q AT. Ketika dijual dalam kondisi baru saat itu, Toyota Alphard yang serupa seperti milik Prabowo ini memiliki harga Rp 1 miliaran. Namun saat ini pasaran harga Alphard 3.5 Q AT 2018 dalam kondisi bekas rata-rata di angka Rp 800-900 jutaan.

Toyota Alphard 3.5 Q AT yang dipakai Prabowo ini ditenagai mesin 6 silinder 3.500 cc dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Toyota Alphard milik Prabowo ini punya tenaga maksimal 296 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 361 Nm pada 4.100 rpm. Untuk mendukung kinerja konsumsi bahan bakar, khusus pada varian 3.5 Q ini menggunakan teknologi auto idling.

Sementara itu, setelah pelantikan menjadi Presiden Republik Indonesia nantinya, Prabowo akan dibekali mobil dinas kepresidenan. Belum diketahui pasti mobil dinas RI-1 apa yang akan digunakan oleh Prabowo. Namun, pada periode sebelumnya di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), mobil dinas kepresidenan yang digunakan adalah mobil antipeluru Mercedes-Benz S 600 Guard.

(rgr/lua)

Membagikan
Exit mobile version