Rabu, Oktober 16


Jakarta

Wuling akan meluncurkan kei car bertenaga listrik Wuling Zhiguang EV. Kei car merupakan mobil kecil yang populer di Jepang. Tampilan Wuling Zhiguang EV pun mirip seperti mobil-mobil kei car di Jepang.

Dikutip Carnewschina, tampilan Wuling Zhiguang EV saat menjalani proses homologasi oleh regulator China. Mobil ini muat untuk empat orang dengan panjang 3.685 mm dan memiliki satu motor listrik berdaya 30 kW (40 hp). Mobil ini merupakan saudara kandung dari Wuling Hongguang Mini EV, tapi dimensinya lebih besar.

Wuling Zhiguang EV tampak seperti kei car dari Jepang. Mobil ini memiliki garis atap yang datar, pintu geser di bagian belakang, dan kap mesin yang pendek.


Namun, mobil ini sebenarnya bukanlah kei car. Di Jepang, hanya kendaraan dengan panjang di bawah 3,4 meter dan lebar di bawah 1,48 meter yang dianggap sebagai kei car. Sedangkan Wuling Zhuiguang EV lebih besar.

Wuling Zhuiguang EV memiliki dimensi panjang 3.685 mm, lebar 1.530 mm, dan tinggi 1.750 mm dengan jarak sumbu roda 2.600 mm.

Berkat bemper kecil, Wuling Zhuiguang EV memiliki overhang depan dan belakang yang kecil, masing-masing 579 mm dan 506 mm. Mobil ini menggunakan roda kecil berukuran 165/65 R13.

Wuling merancang Wuling Zhuiguang EV menjadi mobil yang ringan. Berat kosongnya adalah 892 kg. Sedangkan berat kotor Zhiguang EV mencapai 1.220 kg. Mobil ini memiliki empat kursi di dalamnya.

Zhuiguang EV mengandalkan baterai LFP yang dibuat oleh Gotion atau RSPK. Namun, kapasitas baterai dan daya jangkau mobil ini belum diungkapkan.

Zhiguang EV memiliki satu motor listrik TZ155XZ230 di as roda belakang dengan tenaga maksimal 30 kW (40 hp). Motor listrik yang sama juga digunakan Wuling Hongguang Mini EV.

Tidak ada informasi tentang interior atau harga Wuling Zhiguang EV. Sebelumnya, pejabat SGMW menyebutkan Zhiguang EV memiliki potensi besar di China karena dapat digunakan baik untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version